Rahasia Jantung Tetap Sehat Saat Diet Ala Dokter Andrea

Rahasia Jantung Tetap Sehat Saat Diet Ala Dokter Andrea

-SS youtube-

INFORADAR.ID - Bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih, memilikinya menjadi hal yang amat terganggu. Oleh karena itu, diet merupakan salah satu hal jitu untuk bisa mengurangi berat badan. Akan tetapi, memilih diet yang baik juga sangat penting untuk kesehatan tubuh lainnya bukan hanya berat badan saja, kesehatan jantung salah satunya.

Hal ini tentunya sangat krusial, terutama di era modern saat ini. Dimana pola makan sering kali tidak terkontrol. Dokter Andrea, seorang nutrisionis di Farisas Klinik Jakarta, memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana menjaga kesehatan jantung saat diet melalui kanal YouTube DRV Channel. Berikut ini rahasia  jantung tetap sehat saat diet ala Dokter Andrea.

 

1. Makanan Sehat

Menurut Andrea, penting untuk memilih makanan yang sehat untuk jantung saat diet seperti makan-makanan yang kaya akan omega-3, "Sumber terbaik omega-3 adalah ikan laut seperti salmon, makarel, dan sarden. Selain itu, kita bisa mendapatkan omega-3 dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti chia seed dan flaxseed, serta minyak seperti canola oil dan soybean oil," jelasnya.

 

2. Konsumsi lemak baik

Tidak semua lemak buruk untuk kesehatan jantung, justru ada banyak lemak baik yang tentunya bisa di konsumsi saat diet, "lemak baik seperti PUFA dan MUFA diperlukan oleh tubuh dan dapat ditemukan di alpukat, minyak zaitun, dan biji-bijian. Namun, lemak trans dan lemak jenuh dari gorengan dan makanan olahanlah yang harus dihindari," ujar Dr. Andrea.

 

3. Pola makan yang baik

Pola diet yang disarankan untuk mengurangi risiko penyakit jantung, salah satunya Diet Mediterania. Pola makan ini dianggap sebagai standar emas untuk gaya hidup sehat, "Diet ini kaya akan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein dari ikan atau ayam. Prinsip utama diet Mediterania adalah menjadikan sayur sebagai makanan utama dengan tambahan protein dan sedikit karbohidrat," jelas Dr. Andrea.

 

4. Konsumsi minuman yang baik untuk jantung. 

Konsumsi minuman yang baik juga perlu di terapkan saat diet untuk tetap menjaga kesehatan jantung, seperti minum air mineral atau teh hijau yang kaya akan antioksidan. Hindari minuman manis dan alkohol karena hal ini dapat meningkatkan berat badan dan tekanan darah, tentunya berisiko fatal terhadap kesehatan jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: