Pertama Kali Diselenggarakan, Ini Para Pemenang Festival Teater Remaja Banten

Pertama Kali Diselenggarakan, Ini Para Pemenang Festival Teater Remaja Banten

Penampilan salah satu peserta Festival Teater Remaja Banten.-Festival Teater Remaja Banten-

INFORADAR.ID – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Genta Bahana Banten (GBB) Pendidikan Seni Pertunjukan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Festival Teater Remaja Banten pada Minggu, 2 Juni 2024.

Festival Teater Remaja Banten dilaksanakan di Aula lantai 3 Kampus FKIP Untirta, Jalan Ciwaru Raya, No.25, Cipare, Kecamatan Serang Kota Serang. Mengusung tema Membanagun masa depan teater Pendidikan bertumbuh, berdaya saing, berkarakter Jawara, merdeka, maju berbudaya mendukung pemajuan kebudayaan Indonesia, Teater Festival Remaja Banten menjadi ajang kompetisi dan menciptakan branding teater yang prestisius dan memiliki daya tarik bagi masyarakat.

Kehadiran Festival Teater Remaja Banten merupakan bentuk apresiasi Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan terhadap teater di Banten. Pengemasan yang spektakuler dan menegangkan dengan menyajikan cerita rakyat yang melegenda, membuat Festival Teater Remaja Banten berhasil mencuri perhatian penonton.

Ketua Pelaksana sekaligus Dosen FKIP Untirta Giri Mustika Roekman mengaku jika Festival Teater Remaja Banten hadir sebagai ajang kompetisi dan mengenalkan teater kepada masyarakat luas.

“Tentunya mewujudkan pendidikan teater sebagai teater pendidikan bagi kalangan pelajar yang kreatif dan inovatif serta menciptakan gagasan teater prospektif yang maju dan berdaya saing,” ungkapnya.

Kegiatan Festival Teater Remaja Banten merupakan kali pertama yang diadakan oleh UKM Genta Bahana Banten Untirta. Nantinya, UKM Genta Bahana Banten akan terus menyelenggarakan kegiatan Festival Teater Remaja Banten setiap tahunnya.

Peserta Festival Teater Remaja Banten menyasar pada siswa SMA/SMK sederajat. Terdapat 10 peserta dengan membawakan cerita legenda dengan berbagai daerah. Penampilan setiap kelompok peserta dibagi dalam tiga sesi.

Pada sesi pertama terdapat tiga teater yang menampilkan bakatnya. Dimulai pukul 13.30 WIB, peserta yang tampil diantaranya STA Working Class dari SMKN 1 Pandeglang dengan cerita Sabakingkin, Teater Gardanawa dari SMAN 10 Pandeglang dengan cerita legenda Tanjung Lesung dan Teater Nol Banten dari SMAN 1 Jawilan dengan cerita  Halimun di Batu Payung.

Sesi kedua dimulai dengan penampilan dari Tenda SMAN 2 Kota Serang dengan cerita Legenda Gunung Pinang, dilanjut dengan penampilan Teater Litani dari Mts Darul Irfan dengan cerita Sabakingkin, lalu Teater Batas Banten dari SMK Ikhlas Jawilan dengan cerita KI Lunto dan diakhiri dengan penampilan Pohon Asem Teater dari SMA Peradaban Serang dengan cerita Sang Kuriang.

Penampilan peserta Festival Teater Remaja Banten pada sesi tiga dimulai pukul 14.45 WIB. Teater Eskalapa dari SMKN 8 Pandeglang dengan cerita Putri Cadasari menjadi pembuka dalam penampilan di sesi tiga. Dilanjut dengan Bale Seni Tarate dari SMAN 1 Cikande dengan cerita Ni Rangda Return dan diakhiri dengan penampilan Sangsendu Teater dari SMAN 8 Kota Serang dengan cerita Sang Kuriang.

Setelah menampilkan penampilan yang memukau dilanjutkan dengan pengumuman pemenang di setiap kategori. Pada kategori Jawara Terbaik dimenangkan oleh STA Working Class (SMKN 1 Pandeglang), Teater Pohon Asem (SMA Peradaban Kota Serang), Teater Es Kalapa (SMKN 8 Pandeglang), Teater Tenda (SMA 2 Kota Serang), dan Teater Nol Banten (SMAN 1 Jawilan).

Sementara itu pada kategori Jawara Kostum berhasil diraih oleh STA Working Class (SMKN 1 Pandeglang). Kategori lainnya seperti Jawara Aktris dimenangkan oleh Teater Gardanawa (SMA 10 Pandeglang), kategori Jawara Grup Favorit dimenangkan oleh Teater Litani (MTs Darul Irfan), kategori Yel-yel Grup dimenangkan oleh Teater Litani (MTs Darul Irfan), kategori Jawara Manajemen Teater dimenangkan oleh Teater Batas Banten (SMK Ikhlas Jawilan).

Pada kategori Jawara Naskah Lakon diraih oleh Teater Nol Banten (SMAN 1 Jawilan), kategori Jawara Sutradara diraih oleh Aisya Alya dari Teater Pohon Asem (SMA Peradaban Kota Serang), kategori Jawara Artistik diraih oleh Yusup maulana dari Teater Eskalapa (SMKN 8 Pandeglang), kategori Jawara Musik diraih oleh Anwar Firdaus dari Teater Pohon Asem (SMA Peradaban Kota Serang, kategori Jawara Tata Rias diraih oleh Melan Selvia Ningsih dari Sangsendu (SMAN 8 Kota Serang) dan kategori Jawara Aktor diraih oleh Gusta Maulana Putra dari Teater Tenda (SMA 2 Kota Serang). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: