6 Tanda Depresi Anak yang Harus Diketahui Setiap Orang Tua: Ini Gejala dan Penyebabnya

6 Tanda Depresi Anak yang Harus Diketahui Setiap Orang Tua: Ini Gejala dan Penyebabnya

Tanda-tanda depresi anak yang harus diketahui orang tua-freepik.com-freepik

BACA JUGA:Bingung Atasi komedo di Hidung? Yuk Ikuti 4 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Ini, Dijamin Mudah

2.Anak kamu tertidur namun masih lelah

Remaja memang dikenal sebagai orang yang tidurnya lambat, namun perubahan kebiasaan tidur yang tidak biasa bisa jadi merupakan gejala depresi yang perlu kamu waspadai. Beberapa anak ingin  tidur sepanjang sore, dan penderita depresi sering kali terbangun di pagi hari dan kesulitan untuk kembali tidur. Tidur mereka tidak nyenyak dan berapa kali pun mereka tidur, keesokan harinya mereka tetap merasa lelah. Kelelahan ini dapat mengganggu tugas sekolah dan kehidupan  sosial anak.

“Anak-anak dan remaja biasanya melaporkan perasaan lelah atau dampak yang lebih nyata pada tidur mereka,” kata Dr. Lynne Siqueland psikolog di  Center for OCD and Anxiety Children and Adults di Plymouth Meeting, Pennsylvania, dan anggota Anxiety and Depression Association of America's Public Education Committee

3.Penderita depresi cenderung mengasingkan diri dari orang lain

Remaja yang sangat menuntut penarikan diri mungkin berhenti mengundang teman-teman yang mengalami depresi. 

“Teman sebaya tidak selalu mau menjangkau dan terlibat, dan orang yang sakit mungkin tidak mencari pengalaman yang menyenangkan, dan bahkan ketika mereka mencarinya, mereka belum tentu menikmatinya,” kata Dr. Debra Kissen, PhD, MHSA, direktur klinis Light on Anxiety Treatment Center.

4.Anakmu menolak rencana menyenangkanmu

Dengan adanya stres akibat COVID-19, tugas sekolah, pertandingan persahabatan, pertunjukan olahraga, dan audisi musik,  wajar jika anak-anak merasa sedih dari waktu ke waktu.

Namun hati-hati jika obat pereda stres yang biasa kamu berikan kepada anak tidak lagi membuatnya bahagia dan ini adalah gejala umum depresi.

“Kami pergi berlibur dan makan malam bersama teman-teman karena aktivitas ini meningkatkan mood kami,” kata Dr. Wlkup.

5.Ada rasa tegang di setiap percakapan

Bagi orang dewasa, kesedihan adalah tanda peringatan depresi, namun pada anak-anak, emosi tersebut sulit dikenali karena terlihat seperti kecemasan remaja.

“Masalahnya banyak anak, termasuk remaja, yang tidak hanya terlihat  sedih, malah terlihat kesal,” kata Dr. Siqueland.

6.Kenangan indah tidak menghibur anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: