Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional, Aliansi BEM Serang Raya Gelar Aksi Demonstrasi di Kantor Bupati Serang

Dalam Rangka Hari Pendidikan Nasional, Aliansi BEM Serang Raya Gelar Aksi Demonstrasi di Kantor Bupati Serang

Aliansi Bem Serang Raya Gelar Aksi Demonstrasi di Kantor Bupati Serang, (2/5/2024)--

INFORADAR.ID - Aliansi Badan Eksektif Mahasiswa (BEM) Serang Raya menggelar aksi demonstrasi dalam rangka refleksi hari pendidikan nasional di kantor bupati Serang pada hari Kamis, 2 Mei 2024.

Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 bertema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. maksud tema tersebut ialah mengajak seluruh masyarakat dari guru, serta pelajar supaya saling membantu mewujudkan perubahan pendidikan di Indonesia.

" Peringatan Hari Pendidikan Nasional diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap pahlawan pendidikan serta refleksi bagi semua orang bahwa pentingnya pendidikan bagi bangsa dan negara Indonesia" ujar Dedi Setiawan, selaku koordinator aliansi BEM Serang Raya.

 " Memperingati hari pendidikan nasional melalui aksi demonstrasi saat ini belum juga usai problematika yang terjadi di Indonesia" lanjutnya.

Beragam fakta pendidikan sering ditemukan dibangku sekolah, seperti mewajibkan bayar infaq dalam pembangunan fasilitas sekolah menuai keberatan bagi orang tua murid untuk membayarnya.

BACA JUGA:Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Menggelar Aksi Demo di Kejaksaan Tinggi Banten

 Selain itu, diketahui gaji honorer yang saat ini masih kecil yang didapatkan sehingga kualitas tenaga pendidik merasa masih belum sejahtera.

" Ini menjadi tanggung jawab bersama dalam menyoroti pemerintah setempat dalam mengupayakan persoalan yang terjadi melalui dinas terkait", ujar Dedi Setiawan, selaku koordinator aliansi BEM Serang Raya.

Pihak pemerintah kabupaten Serang tidak bisa menemui masa aksi demonstrasi oleh BEM Banten tersebut, padahal ini penting untuk bisa didengar aspirasi yang disuarakan oleh masa aksi mahasiswa.

" Dari kejadian berikut menandakan bahwa kinerja pemerintah sampai saat ini belum maksimal gagal dalam menangani problematika yang terjadi, perlu di evaluasi secara menyeluruh terkhusus dinas terkait dalam wewenangnya" Ucap Abdillah Aditama selaku Korlap Aksi.

 Maka dari berbagai rangkaian aksi demonstrasi yang terjadi, Aliansi BEM Serang Raya mendesak berbagai tuntutan : 

1. Evaluasi kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Serang

2. Upayakan kesejahteraan guru honorer

3. Optimalkan pemberdayaan SDM tenaga pendidik pofesi guru

4. Hentikan bentuk pungli dan stop komersialisasi pendidikan

5. Tingkatkan dan perbaiki fasilitas sekolah yang sudah tidak layak dipakai

6. Gratiskan biaya pendidikan anak sekolah baik SD,SMP dan SMA

" Terkait dari berbagai fakta pendidikan yang terjadi, maka berharap penuh terhadap pemerintah kabupaten serang bisa mendengar dan merespon aspirasi kami, dan apabila aspirasi ini tidak bisa direspon dengan baik maka kami dari Aliansi BEM Serang Raya akan menggruduki Kantor Bupati Serang dengan jumlah masa aksi yang lebih banyak, " ujar Dedi Setiawan, selaku koordinator aliansi BEM Serang Raya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: