Event Gebrag Ngadu Bedug Pandeglang Akan Dimeriahkan dengan Penampilan Wayang Nganjor

Event Gebrag Ngadu Bedug Pandeglang Akan Dimeriahkan dengan Penampilan Wayang Nganjor

Penampilan Wayang Nganjor -Panitia Gebrag Ngadu Bedug-

INFORADAR.ID - Wayang Nganjor ialah salah satu seni budaya kontemporer yang akan tampil pada acara Gebrag Ngadu Bedug di Alun-alun Pandeglang 18 sampai 20 April 2024 mendatang.

Gebrag Ngadu Bedug yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Pandaglang ini dalam upaya melestarikan budaya lokal. Gebrag Ngadu Bedug merupakan tradisi masyarakat di bulan Ramadhan yang puncak dalam suana Idul Fitri.

Salah satu Pencetus Wayang Ngajor Kabupaten Pandaglang Tirta Nugraha Pratama mengatakan, dirinya akan tampil di acara puncak yang dihadiri puluhan kampung di wilayah Kabupaten Pandaglang.

"Kami akan tampil pada acara puncak Gebrag Ngadu Bedug yang diselenggarakan oleh Disparbud Pandeglang dengan dukungan penuh Ibu Bupati dalam upaya melestarikan seni budaya," ungkap Ki Dalang Tirta, Rabu 17 April 2024 di gedung Balebudaya Pandeglang.

Dikatakan Tirta, yang juga salah satu panitia pelaksana Gebrag Ngadu Bedug, acara yang digelar dalam rangka mempromosikan kekayaan budaya lokal ini, rencananya akan dijadikan ajang budaya tahunan.

Melalui inisiatif ini, Disparbud Pandeglang berkomitmen untuk memfasilitasi seniman dan masyarakat dalam mempersembahkan tradisi budaya yang berharga bagi daerah Kabupaten Pandaglang.

"Gebrag Ngadu Bedug Pandeglang telah menjadi sorotan dalam kalender budaya daerah, menyajikan panggung bagi seniman dan masyarakat untuk mengekspresikan kebudayaan mereka melalui pertunjukan bedug yang menakjubkan dan berbagai kegiatan seni lainnya," sambungnya.

Ditambahkannya, bahwa dengan dukungan penuh dari Disparbud Pandeglang ini akan semakin berkembang dan menjadi ajang yang lebih inklusif bagi semua kalangan.

Sementara Kepala Disparbud Kabupaten Pandeglang, Rahmat Zultika, S.P, menyatakan bangga dan mengapresiasi terhadap para seniman yang ada di Pandeglang tersebut.

"Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari Gebrag Ngadu Bedug Pandeglang. Melalui dukungan ini, kami berharap dapat memperkuat identitas budaya daerah dan mendorong partisipasi yang lebih luas dari masyarakat dalam melestarikan warisan budaya kita yang berharga," katanya.

Dikatakannya, acara Gebrag Ngadu Bedug Pandeglang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menjadi platform untuk mempererat ikatan antarwarga dan mempromosikan kekayaan budaya lokal kepada wisatawan.

"Acara ini akan terus berkembang dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat," harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: