Masih Landai, Terminal Mandala Diperkirakan Akan Terjadi Lonjakan Pemudik pada H-4 Lebaran

Masih Landai, Terminal Mandala Diperkirakan Akan Terjadi Lonjakan Pemudik pada H-4 Lebaran

Terminal Mandala Kabupaten Lebak--RADARBANTEN.CO.ID/ Nurandi

INFORADAR.ID - Terminal Mandala Kabupaten Lebak mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik sesuai dengan kalender umum cuti bersama dan libur lebaran 1445 H yang dimulai pada tanggal 6 April 2024, dimana masyarakat akan merayakan mudik lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1424 H. Libur lebaran dan mudik ini akan berlangsung mulai dari 06 April hingga 15 April 2024.

"Kami perkirakan, karena hari ini masih landai, diperkirakan ada peningkatan yang signifikan itu pada H-4 Lebaran, menjelang lebaran seperti itu," ucap Muksin Kepala Terminal Tipe A Mandala dikutip dari RADARBANTEN.CO.ID, Rabu 3 April 2024.

Muksin mengumumkan bahwa perjalanan balik tahun ini diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah pemudik dibandingkan dengan tahun 2023 lalu.

"Kamis optimis, untuk tahun ini akan ada kenaikan signifikan untuk arus mudik. Tahun kemarin kami ada peningkatan sekitar 25 persen, mungkin tahun ini sekitar ada 35 persen ya," ungkapnya.

BACA JUGA : Ongkos Bus Kalideres-Labuan Naik 25 Persen pada Mudik Lebaran 2024

Pantauan di lapangan menunjukkan bahwa saat ini belum terlihat adanya penumpukan penumpang yang memasuki H-7 di Terminal Mandala. Namun, kendaraan sudah bersiap untuk menyambut para pemudik.

Terdapat 50 Angkutan Antar Kota Antar Provinsi(AKAP) dan 60 Angkutan Dalam Provinsi (AKDP) yang telah disiapkan di Terminal Mandala untuk menyambut para penumpang tahun ini.

Muksin telah menginstruksikan kepada para sopir dan paguyuban sopir untuk tidak menaikkan tarif secara sepihak karena akan merugikan para penumpang yang akan mudik.

"Untuk tarif kami sesuai, karena sekarang yang kami lalukan ini merupakan tarif batas atas. Kemarin kami menyelenggarakan rapat dengan pengurus dan pengemudi, bahwa setiap kendaraan itu dipasang papan tarif," tuturnya.

Sementara itu, sopir bus, Angga, mengatakan bahwa ia memperkirakan adanya peningkatan jumlah penumpang baik yang menuju Terminal Mandala maupun sebaliknya untuk arus mudik balik Lebaran tahun ini.(*)

BACA JUGA : Malas Mudik Karena Alasan Macet? Jangan Mudik di Tanggal Ini Deh, Dijamin Lancar Jaya

BACA JUGA : Lakukan Persiapan Mudik, Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: