6 Ragam Jenis Umbi-Umbian dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

6 Ragam Jenis Umbi-Umbian dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Jenis Umbi-Umbian dan Manfaatnya--freepik

INFORADAR.ID - Umbi-umbian sering kali menjadi pilihan utama sebagai makanan pokok di banyak masyarakat, termasuk Indonesia. 

Umbi-umbian dikenal dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi dan, seperti halnya beras dan gandum, memberikan energi bagi tubuh.

Keuntungan penting dari umbi-umbian adalah bahwa mereka dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dan iklim dan memainkan peran penting dalam banyak budaya makanan.

Kandungan nutrisi sayuran akar bervariasi dari satu jenis ke jenis lainnya dan manfaatnya sangat luas. 

Secara umum, umbi-umbian mengandung karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral yang penting bagi kesehatan. 

Mereka juga sering kali mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini berbagai jenis umbi-umbian dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Singkong

Selain buahnya yang bergizi, akar singkong juga kaya akan vitamin C. Sebagai antioksidan, vitamin C penting untuk produksi kolagen dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Singkong juga mengandung tembaga, yang penting untuk sintesis neurotransmitter, produksi energi, dan metabolisme zat besi.

2. Bawang

Bawang kaya akan serat dan mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya. Antioksidan ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan membantu mencegah penyakit. 

Bawang juga memiliki sifat anti-kanker yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan serat, vitamin C, mangan dan vitamin A. Beta-karoten, sumber vitamin A, juga ditemukan dalam ubi jalar. Beta-karoten penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA : Lancar Jaya, Berikut 5 Minuman Alami Bantu Perlancar Menstruasi

4. Wortel

Wortel kaya akan serat dan Beta-karoten serta mengandung vitamin K dan kalsium. Kombinasi nutrisi ini baik untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah yang optimal.

5. Lobak

Lobak mengandung antioksidan tingkat tinggi seperti katekin, pirogalol, asam vanilat dan senyawa fenolik lainnya.

Antioksidan ini membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

6. Jahe

Jahe kaya akan antioksidan, terutama gingerol. Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena sifat anti-inflamasi dan analgesiknya.

Memasukkan berbagai jenis umbi-umbian ke dalam menu makanan sehari-hari memberikan berbagai manfaat nutrisi untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Yuk coba konsumsi umbi-umbian diatas dan rasakan manfaatnya!.(*)

BACA JUGA : Auto Mulus, 5 Jenis Buah Bantu Hilangkan Jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: