Himbauan dari BPBD Kabupaten Serang Kepada Mayarakat untuk Mencabut Perangkat Elektronik Sebelum Mudik

Himbauan dari BPBD Kabupaten Serang Kepada Mayarakat untuk Mencabut Perangkat Elektronik Sebelum Mudik

Unit Damkar Kabupaten Serang saat melakukan penanganan rumah yang kebakaran di Kecamatan Pabuaran--Dok, Ahmad Rizal Ramdhani

INFORADAR.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang mengimbau warga untuk mencabut semua perangkat elektronik saat mudik lebaran 2024.

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik.

Hasan Basri, Kasubbid Pencegahan dan Proteksi Kebakaran bidang Pemadam Kebakaran Pada BPBD Kabupaten Serang, menyatakan bahwa 14 kasus kebakaran terjadi di Kabupaten Serang pada tahun 2024. Enam di antaranya disebabkan oleh korsleting listrik.

"Kasus kebakaran di tahun 2024 ini per Januari sampai Maret itu 14 kasus, 6 akibat korsleting listrik 8 human eror," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 2 April 2024. Dikutip RADARBANTEN.CO.ID, Selasa 2 April 2024

Oleh karena itu, masyarakat yang berencana melakukan mudik lebaran sebaiknya selalu mengecek terlebih dahulu kabel-kabel rumah tangganya untuk memastikan ditinggal dalam kondisi aman selama berhari-hari.

 BACA JUGA:Malas Mudik Karena Alasan Macet? Jangan Mudik di Tanggal Ini Deh, Dijamin Lancar Jaya

"Masyarakat tentunya harus mengecek lagi listrik yang terpasang agar tidak terjadi korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran," Paparnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat untuk memastikan agar seluruh perangkat elektronik yang ada di rumah dicabut. Hal itu penting sebagai langkah antisipasi.

"Lalu colokan yang menumpuk, dengan kabel yang tidak SNI bisa menyebabkan kebakaran. Bisa juga kena ada cairan dekat kabelnya terus kita tinggalin mudik," tegasnya.

Ia menjelaskan, kebakaran bisa bermula dari alat-alat elektronik yang menghantarkan panas, seperti dispenser dan alat elektronik lainnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak hanya mencabut perangkat elektronik yang ada, tetapi juga memastikan perawatan rutin dilakukan, terutama jika ada masalah kelistrikan di rumah.

"Karena korsleting listrik dapat menyebabkan kebakaran karena pemeliharaan yang tidak terkontrol dengan baik," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Alhamdulillah, Selama Mudik 2024 Jasa Marga Berikan Diskon Tol 20 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: