Kelurahan Ciwaduk Bantu Promosikan Produk Pelaku UMKM Guna Lebih Berkembang

Kelurahan Ciwaduk Bantu Promosikan Produk Pelaku UMKM Guna Lebih Berkembang

Lurah Ciwaduk Nurul Hadiyati memperkenalkan parsel lebaran produk dari UMKM Kelurahan Ciwaduk.-doc pribadi/Rajudin-

INFORADAR.ID - Pemerintah Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon Kota Cilegon punya cara tersendiri untuk mengembangkan pelaku UMKM di wilayahnya.

Seperti pada bulan Ramadan ini menjadi momentum untuk membangkitkan pelaku UMKM, Pemerintah Kelurahan Ciwaduk sendiri berinisiatif membuat bingkisan parsel lebaran yang berisi produk-produk UMKM lokal Kelurahan Ciwaduk. 

Lurah Ciwaduk, Nurul Hadiyati mengaku bulan Ramadan menjadi sebuah kesempatan pelaku UMKM untuk naik kelas, sebab momen lebaran ini banyak masyarakat yang membutuhkan parcel lebaran.

"Salah satu promosi yang kami lakukan adalah dengan membuat bingkisan lebaran yang berisi produk-produk UMKM. Tujuannya, untuk memperkenalkan, dan kemudian dapat meningkatkan omzet para pelaku UMKM," tutur Nurul dari RADARBANTEN.CO.ID pada Selasa (02/04/24).

Selain itu, kata dia, dalam rangka meningkatkan UMKM agar naik kelas, Pemerintah Kelurahan Ciwaduk juga mulai melakukan pendataan dan pemetaan pelaku UMKM.

BACA JUGA:Usai Pengecekan di Pelabuhan Merak, Kapolri dan Panglima TNI Mengadakan Buka Puasa Bersama di Polda Banten

Hal tersebut dilakukan untuk menganalisa pelaku UMKM baik yang baru merintis maupun sudah lama merintis namun belum memiliki perizinan.

"Pemetaan itu dilakukan dalam rangka, menganalisa potensi UMKM di suatu wilayah agar pelaku UMKM itu terus berkembang," katanya.

Demi terciptanya UMKM yang berkembang, Kelurahan Ciwaduk memiliki program jangka menengah yaitu terciptanya sentra UMKM.

Nurul berharap akan banyak stakeholder yang bersinergi untuk membantu menumbuhkembangkan UMKM khususnya di Kelurahan Ciwaduk.

"Berikutnya, kami melakukan promosi ke berbagai stakeholder, karena keberhasilan pertumbuhan UMKM, merupakan hasil dari sinergi pentahelix (Pemerintah, akademisi, perusahaan, media, dan komunitas-red)," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pelaku UMKM, Yeni mengapresiasi kepada Pemerintah Kelurahan Ciwaduk yang telah peduli dan berusaha menaikkan kelas pelaku UMKM di wilayahnya.

"Saya apresiasi atas kepedulian pemerintah baik dari kelurahan maupun dinas terkait yang telah membantu dan memfasilitasi kami, semoga dengan perhatian itu kami bisa berkembang dan naik kelas," katanya. (*)

BACA JUGA:Menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60, Rutan Pandeglang Bagikan Takjil Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: