Rekomendasi Obat Alami dari Makanan yang Dapat Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

Rekomendasi Obat Alami dari Makanan yang Dapat Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

buah jambu yang dapat membantu penyembuhan DBD--Freepik @KamranAydinov

INFORADAR.ID - Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti betina.

Orang yang terinfeksi virus ini mengalami beberapa gejala demam berdarah, termasuk demam, nyeri otot, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Hilangnya nafsu makan tidak hanya melemahkan tubuh tetapi juga dapat memperburuk demam berdarah.

Oleh karena itu, orang yang menderita demam berdarah disarankan untuk mengikuti pola makan yang sehat untuk menghindari memburuknya gejala.

Makanan yang membantu mengobati demam berdarah haruslah Makanan yang bernutrisi. Berikut adalah enam jenis Makanan tersebut:

1. Jambu biji

Jambu biji diketahui dapat mempercepat pemulihan demam berdarah. Buah ini mengandung vitamin C, tanin dan flavonoid yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menghambat replikasi virus dengue dan meningkatkan kadar trombosit. Diketahui bahwa kadar trombosit pada pasien demam berdarah mungkin lebih rendah dari biasanya.

2. Air kelapa

Air kelapa harus dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Hal ini dikarenakan penderita demam berdarah berisiko mengalami dehidrasi berat akibat kebocoran plasma darah.

Air kelapa sendiri mudah dicerna dan mirip dengan cairan tubuh. Air kelapa juga mengandung elektrolit dan gula yang tinggi, yang dapat membantu mengisi kembali cairan tubuh.

BACA JUGA:Jangan Diabaikan, Inilah Gejala Demam Berdarah

3. Rempah-rempah jahe, kayu manis dan kapulaga.

Ketiga rempah ini efektif dalam mengurangi keparahan gejala dan mempercepat penyembuhan. Khasiatnya dalam menurunkan demam dan meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Khasiat ini dipercaya dapat membantu mengatasi demam berdarah.

4. Daun pepaya

Daun pepaya dapat merangsang peningkatan kadar trombosit pada pasien demam berdarah. Hal ini diyakini benar adanya, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: