Jangan Diabaikan, Inilah Gejala Demam Berdarah

Jangan Diabaikan, Inilah Gejala Demam Berdarah

gejala-gejala DBD--Freepik @brgfx

INFORADAR.ID - Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa virus dengue. Pada tahap awal infeksi, gejala yang muncul adalah gejala seperti flu. Akibatnya, banyak orang yang sering mengabaikannya.

Padahal, jika tidak segera diobati, infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya dan mengancam jiwa. Oleh karena itu, penting untuk mengenali dan mewaspadai gejala-gejala demam berdarah.

Gejala demam berdarah biasanya muncul dalam waktu 3-14 hari setelah digigit nyamuk pembawa virus dengue. Berikut adalah beberapa gejala awalnya.

Berikut adalah beberapa gejala awal yang harus diwaspadai:

1. Demam tinggi

Demam tinggi yang tiba-tiba adalah tanda pertama demam berdarah. Jika suhu tubuh Anda lebih tinggi dari 39°C, Anda mungkin menderita demam berdarah.

2. Sakit kepala yang parah 

Perhatian harus diberikan pada sakit kepala yang menyiksa, terutama jika ada rasa sakit di bagian belakang mata. Ini adalah gejala umum lain dari demam berdarah.

BACA JUGA:Cara Mencegah Terjangkitnya Demam Berdarah

3. Nyeri sendi dan otot

Nyeri hebat pada sendi dan otot dapat menjadi tanda awal infeksi demam berdarah. Gejala ini sering kali disertai dengan berkeringat dan menggigil. Nyeri sendi dan otot biasanya dimulai 4-10 hari setelah tubuh terinfeksi virus.

4. Munculnya ruam kulit

Gejala khas demam berdarah adalah ruam kulit yang muncul beberapa hari setelah timbulnya demam. Ruam ini muncul di berbagai bagian tubuh, terlihat seperti bintik-bintik merah dan terasa gatal. Ruam ini merupakan tanda penting dari infeksi dengue dan tidak boleh diabaikan.

5. Mual dan muntah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: