Atasi Rasa Kantuk saat di Kantor Selama Bulan Puasa, Begini Caranya

Atasi Rasa Kantuk saat di Kantor Selama Bulan Puasa, Begini Caranya

potret seseorang yang mengantuk--Freepik @KamranAydinov

INFORADAR.ID - Mempertahankan produktivitas di tempat kerja selama bulan puasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Salah satu masalah utamanya adalah rasa kantuk yang datang tiba-tiba, terutama di siang hari saat energi sedang berkurang.

Rasa kantuk di kantor dapat menjadi salah satu tantangan bagi produktivitas selama bulan puasa. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan tidur nyenyak saat sahur merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini.

Namun, dengan beberapa tips sederhana, Anda bisa mengatasi rasa kantuk dan tetap produktif di kantor. Mari kita simak beberapa poin di bawah ini. Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi rasa kantuk di kantor selama bulan puasa

1. Makanlah sesuatu yang bergizi saat sahur

Salah satu cara untuk mengurangi rasa kantuk adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur. Makan makanan bergizi saat sahur akan memastikan Anda memiliki cukup energi dan nutrisi untuk menjalani hari yang produktif.

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin. Mengonsumsi menu souffle yang seimbang akan memberikan Anda energi yang tahan lama dan membantu Anda terhindar dari kelelahan di tempat kerja.

Tidak hanya itu, suplemen vitamin penambah daya tahan tubuh juga dapat ditambahkan ke dalam menu souffle sebagai pelengkap nutrisi.

BACA JUGA:Kenapa Sering Mengantuk Padahal Tidur Cukup? Jangan Remehkan Bisa Jadi Masalah Serius

2. Mencuci wajah Anda

Selain menjaga pola makan, Anda bisa mencuci muka jika merasa mengantuk di kantor. Jika Anda tidak tahan dengan rasa kantuk, pergilah ke toilet dan percikkan air dingin ke wajah Anda. Segera bilas wajah Anda dengan hati-hati dan keringkan wajah Anda dengan handuk atau tisu.

Membilas wajah Anda dengan air dingin akan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, air dingin akan mengejutkan sistem tubuh dan langsung meningkatkan konsentrasi. Hal ini memungkinkan Anda untuk kembali bekerja dengan lebih rileks dan segar.

3. Dapatkan tidur malam yang nyenyak

Penting juga untuk mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari sebelum berangkat ke kantor. Saat berpuasa, waktu tidur menjadi lebih singkat karena Anda harus bangun saat sahur. Hal ini sering kali menjadi penyebab utama rasa kantuk saat berpuasa.

Untuk menghindarinya, disarankan untuk tidur lebih awal di pagi hari agar lebih segar. Anda juga tidak disarankan untuk tidur lagi setelah sahur atau salat, karena hal ini dapat menyebabkan kantuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: