Sedang Bepergian atau Tersesat di Antah-berantah? Ketahui Arah Kiblat untuk Shalat Bagi Seorang Muslim

Sedang Bepergian atau Tersesat di Antah-berantah? Ketahui Arah Kiblat untuk Shalat Bagi Seorang Muslim

Potret Ka'bah yagn menjadi kiblat shalat umat islam.-pixabay/@Konevi-

Saat malam menjelang, bayangan akan memanjang lagi dan menyentuh pusat lingkaran lagi. Pada titik ini, buatlah tanda lain dan tariklah garis di antara dua tanda yang sudah dibuat.

Garis ini melambangkan arah barat dan timur. Tanda pertama mewakili arah barat dan tanda terakhir mewakili arah timur.

Tariklah garis yang tegak lurus dengan garis barat dan timur. Garis-garis ini akan menjadi garis utara dan selatan.

BACA JUGA:Minta Segera Diturunkan Hujan, Warga Picung Pandeglang Gelar Shalat Istisqa

3. Gunakan Jam Tangan

Jam analog dengan jarum penunjuk jam dan menit dapat digunakan untuk menentukan arah. Pegang jam tangan secara horizontal dan putar jarum penunjuk ke arah matahari.

Arah antara jarum penunjuk jam dan angka 12 pada jam adalah selatan. Dari sini arah lainnya dapat dengan mudah ditentukan.

4. Gunakan Kompas

Metode yang telah dicoba dan diuji ini tidak memberikan posisi kiblat yang tepat, tetapi jika posisi kiblat relatif terhadap Mekah diketahui, metode ini jauh lebih akurat daripada metode meletakkan tongkat di tanah atau juga metode jam matahari.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menemukan kiblat menggunakan kompas, kamu bisa membeli sebuah kompas kiblat, kemudian temukan arah Mekah dari tempat kamu berada.

Pegang kompas secara horizontal dan tunggu sampai jarum berhenti bergerak. Dari tempat kamu berada, berdirilah menghadap ke arah Mekah seperti yang ditunjukkan. 

Dengan begitu, kamu sudah menemukan kea man arah kiblat kamu untuk melakukan shalat lima waktu di tempat yang antah-berantah

5. Menggunakan Media Teknologi

Gunakan teknologi yang lebih canggih untuk menemukan arah kiblat. Ada beberapa aplikasi untuk handphone yang kamu miliki dengan menggunakan GPS dan kompas untuk membantu kamu menemukan arah yang benar di mana pun berada.

Ada juga situs web di Internet yang dapat menghitung arah yang paling dekat dengan kiblat. Sebagai contoh, dari Jakarta arah Kiblat adalah 295,15 derajat utara-barat laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: