Jelang Musim Panas di Bulan Puasa Ramadan, Begini Cara Mengatasi Musim Pancaroba

Jelang Musim Panas di Bulan Puasa Ramadan, Begini Cara Mengatasi Musim Pancaroba

Ilustrasi musim Pancaroba di bulan Ramadan.-freepik/@storyset-

INFORADAR.ID – Memasuki bulan Ramadan, baru-baru seringkali terjadi cuaca ekstrim yang merupakan peralihan dari musim hujan ke musim panas atau biasa disebut dengan musim pancaroba.

Indonesia merupakan negara tropis dan memiliki 2 musim: musim panas dan musim hujan sepanjang tahun dengan masa transisi atau musim pancaroba, seperti halnya yang Tengah terjadi para bulan Ramadan saat ini.

Transisi musim ini disebut juga dengan musim pancaroba, perubahan musim kedunua. Saat masa transisi tiba, penyakit biasanya lebih rentan menyerang daya tahan tubuh kita terutama dalam keadaan tubuh Tengah berpuasa Ramadan.

Saat musim pancaroba ini tiba, perubahan suhu dan kondisi cuaca yang tidak stabil membuat tubuh kita sulit beradaptasi dengan kondisi yang berubah drastis ini. 

Perubahan musin ini terjadi dengan banyangan music yang terkadang terasa panas dan terkadang hujan tiba-tiba yang biasanya diiringi dengan cuaca ekstri disertai angin yang kencang.

Saat kita memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini, penting untuk memperhatikan keadaan kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat terutama dalam keadaan berpuasa Ramadan. 

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tidak Terserang Flu Batuk saat Pancaroba

Untuk mengatasi hak itu, cobalah melakukan hal berikut untuk menjaga kebugaran tubuh kita agar terasa bisa lebih stabil. 

1. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan selama musim pancaroba, namun banyak yang masih menganggapnya remeh.

Kurang istirahat dan tidur dapat melemahkan daya tahan tubuh, sehingga berbagai jenis penyakit lebih mudah datang dan menyerang.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Dengan tibanya musim pancaroba, asupan makanan bergizi akan dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan memperkuat daya tahan tubuh. 

Hindari makanan cepat saji dan junk food. Pastikan makanan yang dimakan mengandung pola makan seimbang yang meliputi karbohidrat, protein, lemak baik, serat, serta vitamin dan mineral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: