Selain Mendapatkan Pahala, Ibadah di Malam Hari Selama Ramadan Juga Dapat Ampunan Dosa? Begini Penjelasannya

Selain Mendapatkan Pahala, Ibadah di Malam Hari Selama Ramadan Juga Dapat Ampunan Dosa? Begini Penjelasannya

Ilustrasi puasa Ramadan.-unsplash/@Rauf Alvi-

INFORADAR.ID – Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh dengan ampunan, di mana pada bulan ini juga dosa kita akan diampuni.

Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang tiba saatnya bagi umat muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. 

Menjalani bulan Ramadan ini juga harus dijalankan dengan penuh keikhlasan agar amal ibadah yang kita jalani ini bisa memiliki dampak positif bagi diri kita dan bisa mendapatkan pengampunan atas dosa yang telah diperbuat. 

Bulan Ramadan yang penuh dengan keutamaan ini memiliki beberapa hadis yang bisa menjelaskan bahwa amalan yang perbuat selama malam bulan Ramadan ini bisa menjadi jalan pengampunan dosa sebagaimana yang dilansir dari nu.or.id:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

Artinya: “Barangsiapa yang ibadah malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Al-Bukhari).

BACA JUGA:Tips Diet Saat Ramadan, Tambah Pahala, Kurangi Berat Badan

Hadis di atas menjelaskan adanya ampunan dosa bagi orang yang menghidupkan malam di bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak ibadah, dzikir dan shalat malam termasuk shalat Tarawih selama bulan Ramadhan. 

Ampunan dosa ini akan diperoleh jika seluruh ibadah dilakukan dengan ‘imanan’, yakni rasa yakin dan membenarkan, serta ‘ihtisaban’ yang mengharapkan pahala dari Allah swt. 

Pada hadits ini, kata ‘imanan’ diartikan dengan meyakini kebenaran dan keutamaan menghidupkan malam Ramadhan dengan ibadah. 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ 

Artinya: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Al-Bukhari).

Hadits di atas menjelaskan mengenai ampunan dosa bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan “imanan” dan “ihtisaban”. 

Pada hadits ini, As-Suyuthi mengatakan sebagaimana yang dilansir dari nu.or.id bahwa kata “imanan” diartikan dengan meyakini kewajiban puasa Ramadhan, meyakininya sebagai salah satu rukun Islam, dan meyakini janji pahala dari Allah SWT. 

BACA JUGA:5 Kebaikan yang Dianjurkan selama Ibadah Puasa Ramadan, Banyak Manfaat dan Pahalanya

Jadi, kedua hadis dia atas menjelaskan bahwa orang yang melakukan puasa dan shalat malam pada bulan Ramadhan harus merasa yakin dan tidak ragu bahwa puasa merupakan kewajiban Islam, shalat malam merupakan anjuran Islam dan keduanya telah dijanjikan pahala oleh Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: