Didik Anak Sejak Dini, Ini Tips Agar Anak Kuat Puasa Ramadan Seharian

Didik Anak Sejak Dini, Ini  Tips Agar Anak Kuat Puasa Ramadan Seharian

Melibatkan anak saat sahur ataupun berbuka puasa, bisa menambah semangat anak untuk puasa Ramadan seharian-freepik-

INFORADAR.ID - Puasa Ramadan merupakan kewajiban bagi umat muslim yang sudah mencapai usia baligh ataupun mampu untuk berpuasa. 

Untuk  mempersiapkan anak-anak menjalani puasa Ramadan,  sangatlah penting bagi orang tua  untuk memberikan pendidikan dan dukungan yang tepat kepada anak agar kuat dalam menjalankan puasa Ramadan. 

Berikut  7 tips yang bisa di praktikkan orang tua kepada anak, agar membantu anak kuat dalam menjalani ibadah puasa Ramadan seharian.

1. Berikan Pemahaman Tentang Ramadan 

Langkah pertama yang bisa dilakukan orang tua yaitu menjelaskan kepada anak tentang pentingnya puasa dalam agama Islam, jelaskan dengan sederhana syarat-syarat, makna, hingga manfaat berpuasa dengan penjelasan yang dapat dipahami oleh anak. 

2. Mulai dengan Puasa Sunah 

Untuk anak-anak yang belum mencapai usia baligh, orang tua bisa mengajarinya dengan  mengajak anak untuk berpuasa sunah terlebih dahulu, seperti puasa pada hari Senin dan Kamis. Ataupun jika tidak kuat dalam melakukan puasa Ramadan seharian, orang tua bisa mengajarkannya dengan puasa secara bertahap, seperti puasa sesetengah hari, dan bisa menaikan durasinya dengan perlahan.

3. Beri Contoh yang Baik

Tak kalah pentingnya, orang tua harus memberikan contoh yang baik dengan menjalankan puasa dengan penuh kesabaran dan keteladanan. Ajarkan pada anak, bahwa puasa itu membutuhkan ketahanan dan kesabaran yang kuat. 

4. Atur Pola Makan yang Sehat 

Selanjutnya, pastikan mereka mendapatkan makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka puasa, agar memiliki energi yang cukup untuk menjalani puasa seharian.

5. Ajak Anak untuk Beribadah Bersama

Ajak mereka dalam aktivitas keagamaan, seperti shalat tarawih, tadarus Al- Quran ataupun lainnya. Hal ini bisa memperkuat ikatan spiritual anak dengan bulan Ramadan. 

6 . Libatkan Anak dalam Persiapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: