Sisi Lain Keindahan Gunung Gede Pangrango, Kisah Mistik Alun-alun Surya Kencana

Sisi Lain Keindahan Gunung Gede Pangrango, Kisah Mistik Alun-alun Surya Kencana

suasana alun alun surya kencana Gunung Gede-@gunung_gedepangrango-

INFORADAR.ID - Wisata Gunung Gede Pangrango adalah salah satu wisata pendakian populer yang terletak di tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

Wisata Gunung Gede memiliki tiga jalur pendakian dari masing masing Kabupaten yaitu Cibodas,Bogor dan Selabintana.

Seluruh kawasan pendakian ini adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). TNGGP merupakan salah satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia.

Gunung Gede adalah gunung api tipe stratovolcano dengan ketinggian mencapai 2.958 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Secara total, ada 12 titik perkemahan di kawasan TNGGP, yaitu Buper Barubolang, Buper Sanmon, Lebak Ciherang, Bodogol, Blok Losbecak, Puspa Camp, Harendong Camp, Bagedor Camp, Tepus Camp, Petak 84, Sarongge, dan Bobojong.

BACA JUGA:Kisah Mistis kuburan Tanpa Nama di Gunung Aseupan

Selain pendakian dan perkemahan, ada pula wisata curug atau air terjun sebanyak 19 titik, di antaranya Curug Cikundul, Curug Cibeureum, Curug Cidengdeng, Curug Heulang, Curug Baruleunca, hingga Curug Cibogo.

Ada pula dua situ atau danau, yaitu Situgunung dan Telaga Biru. Yang tak kalah populer, kawasan pendakian ini memiliki dua jembatan terkenal, yaitu Situgunung Suspension Brigde dan Canopy Trail Ciwalen.

Gunung Gede memiliki beberapa fasilitas diantaranya : Toilet,mushola,shalter, Warung, dan tempat Penyewaan tenda.

Sebelum pendakian pengunjung di haruskan mendaftar dan memiliki surat izin masuk kawasan konservasi, sekaligus membayar tüket masuk dengan harga hari biasa Rp 17.500 dan hari libur Rp 34.000.

Di balik ke indahan Gunung Gede menyimpan sebuah kisah seperti pada alun-alun Surya Kencana yang di percaya bahwa ada kerajaan Gaib, Masyarakat setempat percaya bahwa  tempat tersebut adalah kediaman Raden Hj Surya Kencana

Nah itu dia informasi yang mungkin bisa membantu traveler(*)

BACA JUGA:Di Balik Keindahan Gunung Pulosari, Ini Kisah Mistis yang Jarang Orang Tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: