Mahasiswa Untirta Sosialisasikan Elisitor Biosaka Sebagai Pendukung Pertanian Organik

Mahasiswa Untirta Sosialisasikan Elisitor Biosaka Sebagai Pendukung Pertanian Organik

Foto bareng bersama kelompok petani Desa Bolang.-Melda-

INFORADAR - Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), melakukan sosialisasi pertanian kepada masyarakat Kampung Kamurang, Desa Bolang, Kecamatan Malimping, Kabupaten Lebak, Banten.

 

Kegiatan yang dilakukan pada Selasa, 6 Februari 2024, mengangkat tema Sosialisasi pertanian.

 

Dalam kegiatan sosialisasi pertanian, mahasiswa Untirta yang tergabung dalam KKM kelompok 80, menghadirkan pemateri dari mahasiswa Untirta. Hal ini sebagai bentuk implementasikan dari materi yang telah didapatkan di Kampus.

 

Mahasiswa yang menjadi pemateri, merupakan mahasiswa dari jurusan Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Syifa Rupaida Khoirunnisa dan Siti Dea Septiani.

Dihadiri oleh Kepala Desa Bolang Ace Wirja, Mantri Tani Desa Dina hingga 35 peserta dari 17 kelompok taniDesa Bolang.

 

Memiliki tujuan untuk mendorong pertanian organik, sebagai solusi penggunaan pupuk kimia untuk pertanian berkelanjutan, kegiatan tersebut tidak hanya pengenalan pertanian organik dan elisitor Biosaka. Namun para petani juga diberikan kesempatan untuk mempraktekkan langsung pembuatan pupuk Biosaka.

 

Pemilihan sosialisasi pembuatan pupuk Biosaka, dirasa dibutuhkan oleh masyarakat Desa Bolang. Hal ini karena pertanian di Desa Bolang didominasi oleh tanaman pangan utama yaitu padi.

 

Ketua kelompok 80 KKM Untirta Bagas Fakhri Maulana berharap, setelah adanya sosialisasi pembuatan pupuk biosaka, masyarakat Desa Bolang bisa terus melanjutkan dan menggunakannya.

 

“Harapannya setelah kegiatan ini, pertanian di Desa Bolang, berjalan dengan baik dan berkelanjutan untuk masa yang akan datang.  Untuk tetap menjaga kualitas yang terbaik, pertanian organik dan elisitor biosaka mampu menjaga keseimbangan antara manusia dan alam,” harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: