Kelebihan Berat Badan? Buah Ini Disarankan untuk Dikonsumsi

Kelebihan Berat Badan? Buah Ini Disarankan untuk Dikonsumsi

Penderita obesitas-Istock-

INFORADAR.ID - Kelebihan berat badan menjadi persoalan orang yang mengalami penderita obesitas. Namun tak perlu khawatir, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. 

Cara mudah yang perlu dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah jeruk nipis. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya tinggal peras jeruk nipis. Air perasan tersebut dianjurkan untuk rutin diminum. 

Jerui nipis dapat menurunkan berat badan karena di dalamnya terdapat kandungan asam sitrat. Manfaat dari asam sitrat ini adalah dapat memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, juga dapat meningkatkan laju metabolisme. 

Laju metabolisme yang cepat dapat berimplikasi kepada pembakaran kalori yang tentunya lebih banyak. Kemudian, metabolisme tubuh yang meningkat dapat mengurangi penyimpanan lemak. 

Selain dapat menurunkan berat badan, mengonsumsi air peras jeruk nipis juga banyak manfaat untuk tubuh. Berikut ini manfaat dari rutin mengonsumsi air peras jeruk nipis:

1. Mencegah Terkena Kanker

Siapa sangka, mengonsumsi air perasan jeruk nipis dapat menurunkan resiko terkena kanker. Manfaat tersebut didapatkan karena air jeruk nipis mengandung kandungan liminoid. 

Manfaat kandungan liminoid ini adalah dapat menangkap radikal di dalam tubuh sehingga dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker lambung, kanker usus besar dan leukimia. 

2. Mengatasi Gangguan Saluran Pernapasan

Mengonsumsi jeruk nipis dapat mengatasi masalah saluran pernapasan. Jeruk nipis dapat mengurangi masalah rasa sakit akibat batuk karena kandungan vitamin C dan minyak atsiri.

Selain itu, jeruk nipis juga terdapat ekstrak minyak pada kulitnya. Di dalam kulitnya itu terdapat kandungan flavonoid dan kaempferol. Dua kandungan ini memiliki sifat antikongestif dan sering digunakan sebagai balsem, alat uap dan inhaler. 

3. Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi jeruk nipis juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan jeruk nipis kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C yang ada di jeruk nipis ini juga dapat meningkatkan sel sehat untuk membunuh mikroba yang dapat menjadi penyebab penyakit. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: