Kontes Durian Sasahan di Serang, Jurinya Mantan Menteri Pertanian RI era SBY

Kontes Durian Sasahan di Serang, Jurinya Mantan Menteri Pertanian RI era SBY

Juri melakukan penilaian pada kontes durian di Desa Sasahan, Kabupaten Serang, Rabu 24 Januari 2024-Yusup Permana-

INFORADAR.ID -  Sebanyak 43 petani durian mengikuti kontes durian lokal yang digelar oleh Pemerintah Desa Sasahan, di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pena Ilmu, Kampung Silegedu, Desa Sasahan, Kecamatan Waringunkurung, Kabupaten Serang, Selasa, 23 Januari 2024.

Mereka masing-masing membawa Durian unggulan yang ditanam di wilayah tersebut. Durian mereka dinilai oleh para juri dari segi rasa, bentuk, tekstur hingga aroma.

Walupun hanya tingkat desa, namun juri nya bukan kaleng-kaleng. Salah satunya yaitu mantan Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yakni Anton Apriyantono.

Anton menyebut bahwa desa Sasahan ini memiliki potensi besar pada sektor pertanian duriannya. 

"Ya jadi ini salah satu Desa yang punya potensi besar untuk di samping memasarkan durian-durian yang sudah ada, tadi saya sudah coba beberapa tuh memang enak banget dan yang juaranya ini memang juara banget," ujarnya kemarin.

BACA JUGA:Lagi Musim Durian nih, Inilah Tips Membeli Durian Lezat agar Tidak Tertipu

Anton memuji rasa dari durian yang berasal dari Desa Sasahan ini. Ia juga memberikan beberapa saran sebagai mantan Mentan RI kepada para petani durian di Desa Sasahan, salah satunya tentang branding image.

"Tinggal bagaimana pertama itu melakukan branding image sambil branding image jalan ini juga dibenahi gurunya dari mulai budidaya penanganan dan seterusnya. Saya yakin ini ke depan akan menjadi besar," terangnya.

“Jika sudah branding, jangan sampai petani melakukan mark up harga. Karena itu akan merusak branding yang sudah susah payah kita buat,” sambungnya.

Salah satu juri yang lain, Asep Mulya Hidayat menyebut, dari 43 durian yang dikonteskan, ada tiga durian yang meraih juara. 

Juara 1 yakni durian Si Guling, juara 2 Si Gubug, juara 3 Si Oranye. Sementara juara harapan 1 Si Kedug, harapan 2 Si Emas, harapan 3 Si Setrup.

“Kita berharap agar kontes durian bisa menjadi penyemangat bagi para petani durian untuk terus berbudidaya mengembangkan potensi dari sang raja buah ini,” pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Tips Memilih Durian Manis Agar Tidak Tertipu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: