Tips Mengatasi Kebiasaan Sering Mengantuk dan Ketiduran di Kelas

Tips Mengatasi Kebiasaan Sering Mengantuk dan Ketiduran di Kelas

Potret seseorang yang merasa kantuk di kelas--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Mengantuk dan Tertidur di kelas dapat menjadi masalah serius bagi banyak orang, terutama pada hari yang sibuk atau saat jam pelajaran sedang berlangsung.

Lebih sering daripada tidak, siswa dihadapkan pada kebutuhan untuk tetap terjaga dan fokus selama di kelas, mengantuk dan Ketiduran bisa menjadi kendala utama bagi siswa di sekolah.

 Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap fokus dan tidak mengantuk selama di kelas. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu:

1. Tidur yang cukup di malam hari

Pastikan Anda cukup tidur setiap malam. Kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan membuat Anda mengantuk di siang hari.

2. Pilihlah makanan yang sehat

Hindari makanan berat dan bergula sebelum kelas. Pilihlah makanan sehat yang memberikan energi yang berkelanjutan, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein.

3. Minum banyak air

Dehidrasi dapat menyebabkan kantuk. Pastikan Anda minum banyak air sepanjang hari, terutama sebelum dan selama berolahraga.

BACA JUGA:Kenapa Sering Mengantuk Padahal Tidur Cukup? Jangan Remehkan Bisa Jadi Masalah Serius

4. Partisipasi aktif  

Partisipasi aktif di kelas akan membantu Anda berkonsentrasi. Ajukan pertanyaan dan berpartisipasi dalam diskusi agar Anda tetap terjaga.

5. Gunakan latihan pernapasan

Latihan pernapasan dalam membantu meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan meningkatkan energi yang sangat dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tips mengatasi rasa kantuk dan tertidur di kelas