Viral, Warga Jepang Dapat Peringatan Dini Gempa Bumi di Ponsel

Viral, Warga Jepang Dapat Peringatan Dini Gempa Bumi di Ponsel

Warga Jepang mendapat peringatan dini Gempa Bumi di ponsel-TikTok-

INFORADAR.ID - Pada awal tahun 2024, Jepang diguncnag gempa dahsyat bermagnitudo 7.5 pada Senin 1 Januari 2024 hingga memicu peringatan gelombang tsunami.

Gempa yang berpusat tak jauh dari Noto, Prefektur Ishikawa, itu terjadi sekitar senin sore pukul 16.10 waktu setempat.

Namun ada yang menarik hingga viral dalam peristiwa gempa yang terjadi di Jepang. Yakni, warga Jepang mendapat notifikasi sebelum gempa bumi terjadi di ponsel.

Dalam unggahan akun tiktok @julioekspor terlihat beberapa warga sedang menikmati suasana sore hari di taman, kemudian terdiam ketika mendapat pesan peringatan dini gempa bumi. Tidak lama kemudia, gempa bumi benar terjadi.

Diketahui, Jepang memang dikenal dengan negara maju yang memilki kecanggihan teknologi yang luar biasa. Jepang memang memiliki sistem peringatan dini gempa bumi, agar masyarakat bisa melindungi diri sebelum gempa kuat terjadi.

Sistem peringatan tersebut bernama Earthquake Early Warning yang diluncurkan pada tahun 2007 lalu oleh Japan Meteorological Agency (JMA).

Fungsi utama sistem ini adalah mendeteksi getaram, menghitung episentrum gempa bumi dan mengirim peringatan ke ponsel warga 1000 seismograf yang tersebar diseluruh penjuru Jepang.

Pemberitahuan peringatan dini gempa bumi dikirimkan ke ponsel melalui layanan yang disediakan oleh tiga operatos telekomunikasi besae di Jepang.

Mereka menggunakan sistem Cell Broadcast, metode pengiriman pesan ke beberapa pengguna telepon seluler di area tertentu pada waktu yang sama.

Dalam sistem Earthquake Early Warning ini, ponsel warga akan berdering beberapa detik sebelum guncangan terjadi. Sehingga akan meminimalisir korban pada gempa bumi tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: