Perkembangan Teknologi Informasi : Literasi Digital, Penting Gak Sih?

Perkembangan Teknologi Informasi : Literasi Digital, Penting Gak Sih?

Ilustrasi perkembangan teknologi dan informasi dalam ranah Literasi Digital yang -freepik/@macrovector-

INFORADAR.ID - Era digital merupakan era dimana teknologi informasi menyebar dengan mudah melalui teknologi digital. Untuk mendukung transformasi tersebut, setidaknya literasi digital perlu diperkuat untuk beradaptasi secara global. 

Di era digitalisasi yang semakin maju, literasi digital menjadi hal yang sangat penting. Mari kita jelajahi mengapa literasi digital itu penting dan bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan kita. 

Tapi sebelum itu, apa itu literasi digital? Literasi digital adalah kemampuan untuk menggunakan, memahami, dan berpartisipasi secara efektif dalam dunia digital. 

Literasi digital mengacu pada pengetahuan dan keterampilan pengguna dalam menggunakan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet, dan lain-lain. Ini mencakup pemahaman tentang teknologi informasi online dan keamanan data. 

Literasi digital juga melibatkan kesadaran akan bahaya yang mungkin ada di dunia online, misalnya resiko cyber bullying dan penipuan online. 

Dengan literasi digital, individu dapat memahami tanda-tanda dan mengambil tindakan yang tepat dalam suatu peristiwa. 

Keamanan data juga menjadi bagian penting dari literasi digital, karena mempelajari cara menjaga data pribadi agar tetap aman dan mengamankan akun online dapat melindungi kita dari ancaman seperti hack, pishing, hoax, pencurian identitas, dan penyalahgunaan informasi.

Pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia menyatakan bahwa pemahaman informasi dalam masyarakat Indonesia sekarang lebih maju ketimbang tahun sebelumnya, dirasa masyarakat sudah lebih mengerti dan memahami tentang informasi yang akan di konsumsi, positif dan negatifnya. 

Tentunya hal ini merupakan suatu perubahan positif dan harus lebih ditingkatkan kembali kedepannya agar literasi media menjadi budaya yang di pegang teguh oleh masyarakat indonesia khususnya.

BACA JUGA:Mobilitas Artifical Inteligence (AI) untuk Menunjang Pembelajaran Pelajar dan Mahasiswa

Dalam mengenalkan dan melestarikan budaya literasi khususnya literasi digital, terdapat kerangka atau pilar penting yang harus di pahami. Kerangka tersebut terdiri dari 4 pilar, diantaranya :

1. Digital Skill

Keterampilan digital adalah kemampuan individu untuk melakukan, memahami, dan menyesuaikan pekerjaannya dengan menggunakan perangkat digital.

2. Digital Culture

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: