Mahasiswa/i Akuntansi Universitas Pamulang Serang Lakukan Aksi Nyata Kegiatan Bersih-Bersih

Mahasiswa/i Akuntansi Universitas Pamulang Serang Lakukan Aksi Nyata Kegiatan Bersih-Bersih

SOSIALISASI : Mahasiswa/i Prodi Akuntansi Universitas Pamulang Serang Lakukan Bersih-Bersih--

INFORADAR.ID - Program Studi Akuntansi semester 1 dan 2 Universitas Pamulang Serang menggelar aksi bersih-bersih sampah dalam serangkaian acara CSR (Corporate Social Responsibility). 

 

Dimana mahasiswa/i dilatih dalam berbisnis dalam mata kuliah Pengantar Bisnis oleh Ibu Irna Maya Sari, S.E., M.Ak. selaku dosen pengampu pada mata kuliah ini. 

 

Kegiatan CSR diselenggarakan di Kawasan Wisata Religi Banten Lama bersama dinas PUPR Provinsi Banten, yang ikut serta dalam kegiatan positif ini, dan peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 100 mahasiswa/i Universitas Pamulang Serang.

 

Berlangsung pada tanggal 9 Desember 2023. Adapun tujuan dilakukan CSR ini sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi seorang pembisnis yang komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

 

Ada pepatah lama mengatakan bahwa "Kebersihan adalah sebagian dari iman", maka dari itu kebersihan menjadi tanggung jawab kita semua untuk selalu menjaganya. 

 

Kegiatan ini diawali sambutan oleh TB. Afendi selaku Ketua Pelaksana, ia mengatakan.

 

"Walaupun cuaca kita pada siang hari ini sangat panas, tapi kita harus ikhlas dan semangat untuk membersihkan sampah di kawasan Banten Lama ini, semoga apa yang kita lakukan mendapatkan barokah dan menjadi ladang pahala bagi kita semua" ujar TB dalam sambutannya.

 

Selanjutnya Bapak Haerudin selaku Ketua RT juga selaku Ketua Koordinasi Kebersihan Kawasan Banten Lama, memberikan sepatah dua patah kata serta memberikan arahan kepada para peserta CSR. Disambung dengan sambutan yang terakhir serta pembukaan acara oleh Ibu Iroh Rahmawati, S.E., M.Ak. selaku Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang Serang.

 

Kemudian, dilanjut pembagian kelompok untuk setiap titik di wilayah Kawasan Banten Lama yang diikuti juga penanggung jawab koordinator lapangan di setiap titiknya. 

 

Mahasiswa/i berantusias pergi ke titik masing-masing lalu memungut sampah kecil seperti puntung rokok hingga sampah besar seperti bungkus makanan, minuman, tumbuhan liar, merapikan ranting pohon yang menutupi jarak pandang mata, dan menyapu daun-daun kering yang berguguran.

 

Tidak hanya melakukan pemungutan sampah-sampah, adapun Mahasiswa/i yang mendapatkan tugas menyebarkan brosur pendaftaran Universitas Pamulang Serang (Gedung Mewah, Biaya Murah, Insyaallah Berkah) kepada orang-orang yang berkunjung di Kawasan Banten Lama.

 

Manfaat yang dapat dikutip dalam kegiatan ini yaitu persoalan sampah tidak hanya edukasi tapi bagaimana persoalan sampah ini dapat dilakukan dari hulu hingga hilir, sehingga peran mahasiswa/i bersama masyarakat dapat menjalin hubungan baik untuk selalu menjaga atau melestarikan salah satunya tempat wisata bersejarah di Kota Serang dari sampah yang berserakan.

 

Demikian, dari kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi kepada masyarakat luas khususnya kepada para mahasiswa/i lain untuk menciptakan kepedulian sosialnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: