8 Cara Ampuh Agar Punya Pikiran Terbuka

8 Cara Ampuh Agar Punya Pikiran Terbuka

ilustrasi fikiran yang terbuka--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Pikiran terbuka adalah kemampuan untuk menghakimi, ingin tahu, tertutup, dan penuh perhatian. Orang yang berpikiran terbuka cenderung mempertimbangkan banyak sudut pandang sebelum membuat keputusan, sehingga mereka dapat dianggap lebih jujur dan dapat dipercaya. 

seseorang yang memiliki pikiran terbuka berarti mau mencari dan memikirkan perspektif lain. Pola pikir terbuka adalah keyakinan bahwa orang lain harus dengan bebas mengungkapkan keyakinan dan argumennya, meskipun Anda tidak setuju dengan pandangan tersebut. pikiran terbuka sering disamakan dengan toleransi, bukan prasangka. 

Orang yang memiliki pikiran terbuka dapat secara adil mengevaluasi pengalaman, keyakinan, perasaan, tujuan, atau argumen yang mungkin tidak sesuai dengan pendapat mereka. Orang yang berpikiran terbuka cenderung menjadi pendengar yang baik dan mencoba memahami bagaimana orang lain memandang situasi tersebut.

1. Selalu haus untuk mempelajari hal-hal baru 

Untuk menjadi luas dan berpikiran terbuka, Anda harus selalu haus akan pengetahuan. Selalu mencoba mempelajari hal-hal baru-buku, kursus, pengalaman hidup. Genre berbeda yang biasanya tidak Anda baca. Atau ikuti kursus online tentang mata pelajaran yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya.

Misalnya, Anda dapat mencoba membaca buku-buku 

2. Diskusi dengan orang-orang yang memiliki pendapat berbeda 

Berbicara dengan seseorang yang memiliki pendapat berbeda dapat membantu Anda mengembangkan pikiran. Coba diskusikan hal ini dengan teman dan kolega yang memiliki sudut pandang berbeda.

BACA JUGA:Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran Agar Hidup Lebih Bahagia

Contoh: Jika Anda memiliki pendapat tentang masalah sosial atau lingkungan tertentu, undang teman yang memiliki pendapat berbeda untuk mendiskusikannya. Dengarkan baik-baik dan cobalah untuk memahami sudut pandang mereka.

3. Jangan takut untuk gagal dan mencoba sesuatu yang baru 

Terkadang rasa takut akan kegagalan bisa menjebak kita dalam pemikiran yang sempit. Cobalah untuk mengatasi rasa takut ini dengan mencoba hal-hal baru tanpa takut gagal.

Contoh: Jika Anda selalu ingin mencoba bisnis kecil-kecilan, jangan ragu untuk memulai 1 meskipun Anda tidak yakin akan berhasil. Pengalaman ini dapat membuka pikiran Anda.

4. Terbuka terhadap perubahan dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: