Musim Hujan Jangan Mager Olahraga, Atau Siap-siap Kena Penyakit Ini

Musim Hujan Jangan Mager Olahraga, Atau Siap-siap Kena Penyakit Ini

Ilustrasi olahraga di musim penghujan-iStock-

INFORADAR.ID – Saat ini beberapa wilayah di Indonesia khususnya Provinsi Banten sudah memasuki musim penghujan. Dimusim yang dingin ini pun terkadang membuat kita menjadi mager alias males gerak untuk melakukan berbagai aktivitas khususnya berolahraga.

Padahal berolahraga di musim penghujan tetap penting karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Meskipun cuaca bisa menjadi hambatan, tetapi menjaga rutinitas olahraga memiliki keunggulan tersendiri

Berolahraga secara teratur meningkatkan kebugaran fisik dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melawan penyakit yang umumnya lebih sering muncul di musim penghujan.

Olahraga telah terbukti membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Di musim penghujan ketika cuaca bisa memengaruhi suasana hati, olahraga dapat menjadi kunci untuk mempertahankan keseimbangan emosional.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar energi. Ini bisa sangat berguna di musim penghujan ketika kita cenderung merasa lesu atau lelah karena cuaca yang gelap dan dingin.

Olahraga teratur juga dapat membantu Anda tidur lebih baik. Pada musim hujan, tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, melalui pelepasan endorfin saat berolahraga, Anda dapat merasakan peningkatan dalam konsentrasi dan produktivitas, yang membantu dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

BACA JUGA:Tips Menjaga Stamina di Musim Hujan, Nomor Delapan Paling Penting

Olahraga di musim penghujan dapat dilakukan dengan memilih aktivitas yang sesuai dengan preferensi dan kondisi cuaca, seperti olahraga dalam ruangan atau menggunakan perlengkapan yang tepat untuk olahraga di luar ruangan. Yang terpenting adalah konsistensi dalam menjaga rutinitas olahraga, yang akan membawa manfaat jangka panjang bagi kesehatan Anda.

Jika anda yang mageran, maka anda perlu berhati-hati. Karena mager dan jarang berolahraga akan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang dapat muncul karena jarang berolahraga antara lain:

1. Penyakit Jantung: 

Kebiasaan jarang berolahraga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penumpukan lemak di arteri, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol.

2. Obesitas:

Olahraga membantu membakar kalori dan menjaga berat badan yang sehat. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan penumpukan lemak yang berlebihan, yang merupakan faktor risiko utama untuk obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: