8 Novel Bertema Sejarah Indonesia, Kisah Kelam Indonesia Masa Kolonial Penjajah

8 Novel Bertema Sejarah Indonesia, Kisah Kelam Indonesia Masa Kolonial Penjajah

8 Novel Bertema Sejarah Indonesia, Kisah Kelam Indonesia Masa Kolonial Penjajah--unsplash/ iuliavrinceanu

INFORADAR.ID - Berikut ini kumpulan novel sejarah Indonesia terbaik mulai dari periode kolonialisme hingga orde baru. Perlu dan wajib dibaca.

Novel sejarah adalah karya sastra tentang masa lalu yang menggambarkan latar belakang karakter, peristiwa, tempat, dan waktu. Apakah sama dengan buku pelajaran sejarah?

Novel sejarah ditulis berdasarkan imajinasi penulis, sedangkan teks sejarah harus berdasarkan fakta yang ada.

Dalam hal novel sejarah, sebenarnya ada banyak sekali karya yang menarik. Namun, kami hanya akan memberikan 8 rekomendasi novel sejarah Indonesia.

Cantik itu Luka - Eka Kurniawan

Karya ini menceritakan seorang perempuan cantik di masa akhir kolonial, yang terpaksa harus nekerja memuaskan nafsu para tentara Jepang.

Disesak juga oleh keadaan ia sebagai seorang tahanan, karena turuna Indo-Belanda, ia bernama Dewi Ayu.

Karena hal tersebut, ia pun melahirkan tiga putri yang begitu cantik namun tak tahu siapa ayahnya.

Dewi Cukup kesal melihat anaknya yang selalu digoda lelaki. Ia tahu bahea kecantikan mereka suatu saat akan berakibat butuk juga bagi mereka sendiri.

Saat mengandung anak keempat, ia malah berdoa agar anaknya memiliki paras yang buruk atau jelek. Anak terakhirnya itu diberi nama Cantik dan 12 hari setelahnya ia meninggal.

BACA JUGA:8 Penulis Novel Indonesia Terkenal yang Novelnya Selalu Mejeng di Best Seller Hingga Hari Ini

Tanah Surga Merah - Arafat Nur

Buku ini berlatarkan konflik politik di Naroe Aceh Darussalam (NAD). Inti verita ada pada hejolak pilitik lokal tentang Murad, seoorang mantan tentara Gerakan Aceh Merkeda (GAM) dan mantan anggota Partai Merah.

Ia pulang ke kampungnya steelah lima tahun melarikan diri dan meneukan kenyataan-kenyataan yang tidak sepenuhnya bisa ia terima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: