Tips Mengatur Waktu Belajar yang Efektif dan Bisa Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Tips Mengatur Waktu Belajar yang Efektif dan Bisa Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi seorang anak yang sedang belajar --sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Belajar adalah kegiatan yang biasanya dilakukan oleh semua orang, terutama anak sekolah dan pelajar. Namun demikian, untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri, perlu dilakukan secara efektif agar waktu belajar tidak terbuang percuma, karena materi yang dipelajari tidak sepenuhnya masuk ke dalam ingatan otak.

Faktanya, setiap orang dapat belajar secara efektif, tetapi tidak semua orang tahu cara mengatur waktu belajar secara efektif. Di sisi lain, definisi waktu belajar berdampak signifikan pada seberapa mudah dan cepat kita mengasimilasi informasi yang diperoleh. Seperti yang Anda ketahui, setiap orang memiliki begitu banyak rencana tindakan untuk diselesaikan, sekali lagi, manajemen waktu sangat diperlukan.

Padahal, Belajar adalah kegiatan yang bertujuan untuk menambah pemahaman dan membuat hal-hal dapat dipahami yang pada awalnya tidak Anda ketahui. Untuk belajar dengan baik, Anda perlu mengatur waktu belajar Anda secara efektif dan tentu saja dengan mengikuti disiplin.

Berikut tips mengatur waktu belajar yang efektif dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tulis daftar mata pelajaran yang ingin Anda pelajari

Ingatlah bahwa Anda tidak harus mempelajari semua pelajaran dalam satu hari. Anda akan mempelajari minimal 1 mata pelajaran dalam 1 hari, namun akan memakan waktu yang cukup lama. Ini akan memudahkan Anda untuk belajar dan berkonsentrasi.

BACA JUGA: Tips dari Jerome Polin Tentang Cara Belajar Agar Tidak Bosan

2. identifikasi prioritas

Saat membuat jadwal kelas, jangan lupa untuk memprioritaskan. Misalnya, jika Anda memiliki tiga tes bahasa, fisika, dan biologi minggu depan, cobalah untuk fokus pada tiga mata pelajaran ini di minggu sebelumnya.

3. Sesuaikan durasi pelatihan dengan kemungkinan

Setiap siswa memiliki kemampuan berpikir dan waktu konsentrasi masing-masing. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menentukan waktu latihan sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya, jika Anda biasanya dapat fokus belajar hingga 2 jam, jangan belajar lebih jauh. Takutlah bahwa ini akan meningkatkan stres Anda.

4. Tentukan gaya belajar Anda

Mengidentifikasi gaya belajar yang tepat juga dapat membantu Anda belajar lebih efektif dan memahami materi dengan lebih baik. Pada dasarnya setiap siswa memiliki gaya belajarnya masing-masing, antara lain gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.

5. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: