Hilangkan Kemalasan dengan Mengikuti Tips Berikut Ini

Hilangkan Kemalasan dengan Mengikuti Tips Berikut Ini

ilustrasi seseorang yang bermalas-malasan--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Kemalasan dapat mempengaruhi seluruh kehidupan seseorang. Hal ini karena ia tidak mau melakukan upaya positif dalam bidang-bidang penting dalam hidupnya. Kemalasan seperti itu membuat seseorang kehilangan banyak kesempatan yang tersedia baginya dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, Kemalasan menghalangi seseorang untuk melangkah keluar dari zona nyamannya karena pikiran dan hambatan yang sebenarnya adalah ilusi. Kemalasan dapat muncul secara tiba-tiba atau bertahap. Tanpa Anda sadari, efeknya bisa bertahan lama dan mengganggu kinerja dan motivasi.

Kemalasan tidak hanya memengaruhi produktivitas Anda di tempat kerja, tapi juga gairah Anda untuk melakukan hobi. Jadi, bagaimana Anda bisa melawan rasa malas dengan cara yang sederhana dan benar?

Baca artikel ini untuk memahami bagaimana hal tersebut memengaruhi Anda dan cara mengatasi kemalasan tersebut

1. Hindari perfeksionisme 

Perfeksionisme sering kali membuat kita menjadi lebih kritis terhadap diri sendiri. Bahkan, tidak jarang sikap perfeksionis ini menyebabkan tingkat kemalasan dan depresi yang tinggi. Oleh karena itu, jangan berharap terlalu banyak saat berolahraga. Jangan berusaha untuk mencapai kesempurnaan karena hal itu akan menghancurkan semangat Anda saat menghadapi tantangan yang tidak ada habisnya.

BACA JUGA:Kurangi Rasa Malas yang Berlebihan, dengan Mengikuti Cara ini

2. Evaluasi prosesnya

Jika Anda telah mencapai tujuan kecil dalam rencana Anda, hargai usaha tersebut dengan merayakannya. Hal ini juga akan membantu memotivasi Anda, mengalahkan rasa malas dan membantu Anda merealisasikan rencana Anda dalam jangka panjang. Rayakan diri Anda dengan sesuatu yang positif, seperti makan siang yang lezat jika Anda mendapatkan nilai yang memuaskan dalam ujian.

3. Mulailah dengan hal-hal yang mudah dilakukan 

Ketika Anda mulai bekerja, buatlah daftar hal-hal yang mudah untuk dilakukan. Dengan memulai dengan tugas-tugas yang mudah, Anda akan dapat mengontrol suasana hati Anda dan tetap bekerja secara konsisten. Tugas-tugas yang telah Anda lakukan sebelumnya akan memotivasi Anda untuk menyelesaikan seluruh daftar tugas. Hal ini akan membantu Anda menghilangkan rasa malas.

4. Tidur dan istirahat yang cukup

Terakhir, Anda tidak boleh melupakan istirahat yang cukup. Istirahat juga penting untuk fungsi otak yang optimal. Jangan tidur terlalu larut malam dan jangan bangun terlalu siang. Istirahat yang cukup membantu menjaga kesehatan otak Anda. Dengan demikian, tidur yang cukup membantu kita berkinerja lebih baik, membuat kita tetap waspada secara mental, dan mencegah stres dan kelelahan. Durasi tidur yang sehat tergantung pada usia: 

- Dewasa (18-64 tahun): 7-9 jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: