Manfaat Ginseng untuk Kesehatan, Nomor 3 Beberapa Pria Membutuhkannya

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan, Nomor 3 Beberapa Pria Membutuhkannya

Ilustrasi manfaat ginseng untuk kesehatan.- whaltns17-pixabay.com

INFORADAR.ID - Ginseng adalah tanaman yang kaya akan antioksidan. Penelitian telah menunjukkan bahwa Ginseng bermanfaat bagi kesehatan otak, fungsi kekebalan tubuh, dan kontrol gula darah.

Ginseng telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad.

Ginseng, tanaman pendek yang tumbuh lambat dengan akar berdaging ini dibagi menjadi tiga jenis sesuai dengan waktu pertumbuhannya: segar, putih dan merah.

Ginseng mentah dipanen setelah kurang dari empat tahun, ginseng putih setelah empat sampai enam tahun, dan ginseng merah setelah lebih dari enam tahun.

BACA JUGA:Biasakan Minum Jus Sehat untuk Sarapan, Manfaatnya Bikin Awet Muda

Tanaman ini memiliki banyak varietas, yang paling populer adalah ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Asia (Panax ginseng).

Ginseng Amerika dan ginseng Asia berbeda dalam hal konsentrasi senyawa aktif dan efeknya pada tubuh.

Menurut beberapa penelitian terdahulu, ginseng Amerika berfungsi sebagai relaksan, sedangkan ginseng Asia dianggap memiliki efek revitalisasi.

Ginseng mengandung dua senyawa penting, ginsenosides dan zintunins. Senyawa tersebut adalah ginsenosides dan zintunins. Senyawa-senyawa ini saling melengkapi dan memberikan manfaat kesehatan.

Berikut adalah tujuh manfaat kesehatan dari ginseng yang dikutip dari beberapa sumber.

BACA JUGA:10 Manfaat Sarapan Ubi-ubian, Bisa Cegah Diabetes

1. Antioksidan dan antiinflamasi

Ginseng memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dan senyawa ginsenoside menghambat peradangan dan mengurangi kerusakan oksidatif pada sel yang menyebabkan penyakit kronis.

2. Peningkatan fungsi otak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: