Bangun Sportivitas Dan Kreativitas Generasi Islam, HMJ PAI UIN Banten Gelar Islamic Festival

Bangun Sportivitas Dan Kreativitas Generasi Islam, HMJ PAI UIN Banten Gelar Islamic Festival

Peserta dan panitia kegiatan Islamic Festival 2023.-Nurbaeti-

INFORADAR.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, menggelar kegiatan Islamic Festival dengan berbagai perlombaan pada 10, 11 dan 17 November 2023.

Mengusung tema Membangun sportivitas dan kreativitas dalam mewujudkan generasi islam emas diera 5.0, kegiatan Islamic Festival (IF) dilaksanakan di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Banten, Jalan Raya Syekh Nawawi Bantany No. 30 Curug Kota Serang.

Islamic Festival merupakan kegiatan rutin HMJ PAI UIN Banten yang selalu diadakan setiap tahunnya. Kegiatan Islamic Festival juga menjadi ajang berkompetisi dan menyalurkan kreativitas remaja islam.

Islamic Festival dimulai pada tangga 10 November 2023 dengan acara pembukaan sekaligus dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan.

Ketua umum HMJ PAI Faqih Fidinillah menyampaikan, banyak Pelajaran yang bisa diambil dari kegiatan Islamic Festival. Bukan hanya tentang kompetisi dan kreativitas, namun Islamic Festival juga menjadi wadah untuk menumbuhkan rasa sportivitas generasi islam.

“Kalian ambil dan kalian pelajari dari perlombaan ini adalah, bagaimana tidak hanya menjadi pemenang yang murah hati, tetapi juga menjadi pecundang yang baik dan Sportivitas yang baik melampaui permainan, itu dimulai dengan rasa hormat,” ujar Faqih dalam sambutannya.

Perlombaan yang diadakan untuk mahasiswa serta umum/SLTA se Provinsi Banten cukup beragam. Perlombaan yang diperuntukan bagi mahasiswa PAI diantaranya Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Karya Tulis Ilmiah (KTI), debat dan Tahfidz. Sedangkan perlombaan bagi umum/SLTA se Provinsi Banten yaitu Pidato dan solo vocal.

Dengan total hadiah jutaan rupiah, sebanyak 59 peserta antusias mengikuti perlombaan Islamic Festival 2023. Tidak hanya peserta saja yang menyaksikan kegiatan Islamic Festival, namun beberapa mahasiswa juga turut memeriahkan kegiatan Islamic Festival untuk melihat dan memberikan dukungan pada para peserta.

Pada 11 November 2023, kegiatan Islamic festival dilanjutkan dengan pemilihan duta PAI UIN Banten 2023. Para duta yang terpilih nantinya akan menajdi tokoh yang harus mencontohkan sikap disiplin serta memberikan informasi atau menjadi delegasi bagi jurusan.

Kegiatan Islamic Festival ditutup dengan seminar Interpreuner pada 17 November 2023. Adanya seminar Interpreuner bertujuan untuk membangkitkan jiwa entrepreneur generasi Z di era society 5.0. Dengan pemateri yang berpengalaman di bidang interpreuner yaitu Nur Muhammad Firdaus seorang Entrepreneur.

Ketua pelaksana Islamic Festival Sendi Permana mengungkapkan kegiatan IF bukan hanya tentang kompetisi namun ada juga seminar yang bisa menambah wawasan pengetahuan.

“Selain membentuk sportivitas dan kreativitas, Islamic Festival juga ada seminar yang pastinya bermanfaat untuk generasi Z di era Society 5.0,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: