Berhasil Capai Imunisasi Dasar Lengkap, Bupati Serang Diganjar Penghargaan Kemenkes

Berhasil Capai Imunisasi Dasar Lengkap, Bupati Serang Diganjar Penghargaan Kemenkes

Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah (kanan) menerima penghargaan dari Kemenkes terkait pencapaian IDL di Kabupaten Serang. Foto: Pemkab Serang/Ist -----

INFORADAR.ID --- Pemkab Serang berhasil dalam pencapaian target imunisasi dasar lengkap (IDL) usia 0-11 bulan sebesar 89,86%. Atas dasar itu Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah diganjar penghargaan oleh Kementerian Kesehatan

Penghargaan diberikan bertepatan dengan puncak perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center. 

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data Dinkes Kabupaten Serang per November 2023, capaian IDL berdasarkan sistem informasi Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK), mencapai sebesar 89,86 persen dari sasaran 22.498 bayi. Capaian tersebut merupakan yang tertinggi ketiga nasional. 

Bupati Serang tak sendirian. Enam keoala daerah di Indonesia yang berhasil meraih penghargaan pada HKN tersebut. 

Pertama adalah penghargaan IDL usia 0-11 tahun diberikan kepada Bupati Sidenreng Rappang, Walikota Jakarta Barat, dan Bupati Serang. 

Kemudian ada juga penghargaan status imunisasi T2+ bagi ibu hamil yang diberikan kepada Walikota Pare-pare, Bupati Batang, dan Bupati Purworejo.

Terkait penghargaan tersebut, Tatu mengatakan bahwa penghargaan yang didapatkan merupakan bukti nyata mengenai komitmen Pemkab Serang dalam mewujudkan generasi di masa mendatang yang sehat dan sejahtera. 

"Jadi saya katakan penghargaan ini bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Serang dan sinergi kolaborasi yang kuat dalam mewujudkan generasi masa depan yang sehat dan sejahtera. Untuk iti, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam capaian IDL Kabupaten Serang,” kata Tatu, Minggu, 12 November 2023. 

Bupati mempersembahkan penghargaan yang didapatkan tersebut untuk para tenaga kesehatan dan non kesehatan di Dines Kesehatan (Dinkes), Posyandu, klinik, bidan praktik mandiri, dan seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian program IDL. 

"Anak yang telah diimunisasi dasar kengkap ini merupakan aset bangsa di masa depan,” Tatu yang juga Ketua DPD Golkar Banten ini. 

Tatu mengakui jika capaian tersebut berkat kerja keras semua pihak yang ada di Kabupaten Serang dan adanya reward penyemangat untuk kader kesehatan. Kemudian adanya kerja keras dari puskesmas, kontribusi fasilitas kesehatan swasta, hingga kerja sama lintas sektor tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa. 

"Dinas Kesehatan Kabupaten Serang telah melakukan upaya-upaya transformasi pencatatan dan pelaporan elektronik melalui berbagai pelatihan. Ini adalah bukti sukses atas penguatan kapasitas tenaga kesehatan dan sinergi kolaborasi berbagai pihak,” ujarnya.

Bupati menegaskan, Pemkab Serang memiliki misi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pendekatan akses layanan kesehatan yang bermutu dan dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang profesional. 

"Jadi program yang kami laksanakan ini tidak hanya kuantitas fasilitas kesehatan dan pendekatan pelayanan, akan tetapi juga peningkatan kualitas tenaga kesehatan,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: