Ini Arti Simbol Semangka sebagai Dukungan ke Palestina

Ini Arti Simbol Semangka sebagai Dukungan ke Palestina

Salah satu akun warga Cilegon yang memposting gambar semangka sebagai bentuk dukungan kepada warga Palestina.-Instagram @Ikhlasinnufus-

INFORADAR.ID - Seminggu terakhir ini, jagad media sosial tengah diramaikan dengan ikon semangka. Pemilik akun mengunggah gambar atau ikon semangka di media sosialnya. Hal itu sebagai bentuk dukungan kepada warga Palestina yang saat ini tengah di jajah Israil.

Tak jarang, seseorang juga mengekspresikan dukungannya dengan membuat lukisan dan mural buah semangka di dinding-dinding jalanan.

Ternyata buah semangka yang disebut sebagai 'the fruit of Palestine' ini memiliki makna dan sejarah panjang untuk rakyat Palestina.

Lantas apa makna dari semangka Palestina yang menjadi simbol solidaritas atau dukungan terhadap Palestina itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak ulasan berikut ini.

Dilansir dari berbagai sumber, bahwa buah semangka menjadi ikon karena melambangkan budaya dan identitas dari Palestina. Semangka dianggap mewakili identitas nasional yang berhubungan dengan tanah Palestina dan sebagai simbol perlawanan.

BACA JUGA:Makna di Balik Semangka, Simbol Dukung Palestina

Pada 1967, selama perang enam hari yang terjadi di Israel dan negara-negara lain termasuk Mesir, Suriah, dan Yordania, pemerintah Israel melarang pengibaran bendera Palestina di dalam perbatasannya. Hal itu dilakukan untuk membatasi nasionalisme Palestina dan Arab.

Larangan tersebut berlangsung hingga 1993, ketika itu Perjanjian Oslo yang melonggarkan pembatasan terhadap warga Palestina di Israel.

Diantara masa perang dan perjanjian, semangka menjadi simbol protes. Irisan semangka, dengan buahnya yang berwarna cerah, kulitnya yang berwarna hijau-putih, dan bintik-bintik hitam dari bijinya, mengandung semua warna dari bendera Palestina.

Buah ini juga kerap digunakan dalam demonstrasi menentang penduduk Israel di Tepi Barat dan Gaza, di mana para pengunjuk rasa membawa irisan semangka sebagai pengganti bendera.

Atas dasar itu, sebagai bentuk dukungan kepada warga Palestina tak jarang di jagad raya media sosial ramai-ramai bermunculan gambar semangka. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: