Lakukan Perawatan Diri untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu

Lakukan Perawatan Diri untuk Menjaga Kesehatan Mentalmu

ilustrasi seseorang yang sedang melakukan meditasi untuk menjaga kesehatan mental--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Perawatan diri adalah salah satu upaya terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kualitas hidup dan kesejahteraan yang tinggi. Perawatan diri tidak hanya tentang perawatan kulit dan diet. Faktanya, konsep Perawatan diri memiliki arti yang sangat luas dan mencakup semua aspek kehidupan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Perawatan diri mengacu pada semua upaya yang berkaitan dengan Kesehatan fisik dan mental, termasuk kebersihan, nutrisi, dan akses ke perawatan medis bila diperlukan. Perawatan diri berarti merawat tubuh, pikiran, dan jiwa Anda setiap hari, bukan hanya ketika Anda sakit.

Apakah perawatan diri hanya untuk orang yang memiliki masalah kesehatan fisik atau mental? Faktanya, siapa pun yang dapat mempraktikkan perawatan diri dapat tetap sehat dan bahagia. Mereka juga cenderung lebih tangguh dalam menghadapi berbagai masalah.

Inilah sebabnya mengapa perawatan diri sangat penting dalam hidup: Hal ini membantu orang untuk dapat menjaga diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai serta dapat menjaga diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai.

Namun dalam praktiknya, perawatan diri tidaklah mudah. Banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan yang penuh tekanan atau teknologi canggih. Mereka kemudian menarik diri dari lingkungannya dan kehilangan minat pada semua jenis kegiatan dan kebiasaan yang memperburuk kesehatan mereka. Jadi, perawatan diri seperti apa yang bisa kita lakukan? Berikut ini adalah informasi mengenai hal tersebut.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental Agar Lebih Stabil, Kamu Harus Coba Ini!

1. Tidur yang berkualitas

Tidur yang cukup memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan emosional dan fisik Anda. Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti sulit berkonsentrasi di tempat kerja atau belajar.

Cobalah untuk mengatur rutinitas malam hari Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Hindari kebiasaan buruk seperti begadang atau menonton film hingga larut malam.

2. Tingkatkan rasa percaya diri Anda

Perawatan diri berkaitan erat dengan harga diri. Harga diri yang rendah dapat menyebabkan kecemasan dan pikiran negatif yang terus-menerus. Ada banyak cara untuk meningkatkan harga diri, seperti mengetahui kekuatan Anda.

3. Berolahraga setiap hari.

Sudah diketahui bahwa olahraga baik untuk kesehatan mental. Olahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental, memperbaiki suasana hati, serta mengurangi stres dan kecemasan. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat atau pergi ke gym, Anda bisa melakukan yoga di rumah atau berolahraga di pagi hari.

4. Makan dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.who.int/