Inilah 4 Tempat Wisata Religi di Banten yang Banyak Dikunjungi Peziarah

Inilah 4 Tempat Wisata Religi di Banten yang Banyak Dikunjungi Peziarah

Gapura makam Syekh Muhammad Sholeh -Instagram @keluyuran-

INFORADAR.ID - Bagi Kamu yang suka dengan wisata religi, baiknya Kamu mengekplorasi indahnya pesona wisata religi di Banten.

Mengapa demikian? karena banyak terdapat tempat wisata religi di Banten, yang banyak dikunjungi peziarah, tapi terkadangmungkin kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

Untuk mengetahuinya lebih jauh, mari kita simak satu persatu destinasi wisata religi di Banten yang mungkin kebanyakan orang belum mengetahuinya.

1. Batu Qur’an

Terletak di Kabupaten Pandeglang, tepatnya di kaki Gunung Karang, Batu Qur’an merupakan salah satu destinasi wisata religi di Banten yang mungkin kebanyakan orang belum mengetahuinya. Sebab, Batu Qur’an merupakan sebuah tempat ziarah yang memiliki sejarah yang unik. Dimana, nama Batu Qur’an berasal dari adanya batu besar yang bertuliskan Al-Qur’an di dalam air yang berada di lokasi tersebut.

Banyak masyarakat yang mempercayai bahwa hanya orang-orang yang memiliki ilmu yang tinggilah yang bisa melihat tulisan Al-Qur’an di batu tersebut.

Uniknya, cerita yang berkembang di masyarakat adalah batu ini menghalangi keluarnya air yang terus mengalir dari dalam tanah.

Tak hanya itu, masyarakat juga meyakini bahwa lokasi batu ini dulunya adalah pijakan kaki seorang Syekh kenamaan bernama Syekh Maulana Mansyuruddin yang hendak pergi berhaji ke Baitullah, Mekkah. 

Karena hanya dengan menginjakkan kaki di lokasi tersebut, konon katanya Syekh Maulana bisa langsung sampai ke Mekkah.

Selain itu, daya tarik lokasi tersebut bukan hanya terletak pada batunya, namun juga kejernihan air yang mengalir di sekitarnya. Air ini biasanya dipakai pengunjung untuk sekedar berendam ataupun mandi.

BACA JUGA:Keyakinan Spiritual Dibalik Ziarah Banten

2. Makam Syekh Abdul Jabbar 

Destinasi wisata religi selanjutnya ada di makam Syekh Abdul Jabbar. Di mana, lokasi makam tersebut terletak di kawasan Kampung Pasir Kecapi, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, Provinsi Banten Banten. 

Jika menelisik ke belakang, Syekh Abdul Jabbar adalah salah satu ulama yang berperan dalam pembentukan Kabupaten Pandeglang bersama dengan Sultan Syarif Hidayatullah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: