Hal-Hal yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Samsung Galaxy Anda Diretas

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Jika Ponsel Samsung Galaxy Anda Diretas

ilustrasi seseorang yang sedang meretas--sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Jika Anda khawatir hp samsung galaxy Anda akan diretas, atau jika Anda merasa ponsel Anda sudah diretas, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanannya. 

Misalnya, Anda sebaiknya hanya mengunduh aplikasi menggunakan Galaxy Store atau Play Store dan tidak boleh mengeklik tautan berbahaya di aplikasi, SMS, atau email. karena, kebanyakan aplikasi seperti itu dapat menjadi senjata untuk para peretas untuk meretas hp samsung galaxy anda.

Ketika Anda mengetahui hp samsung galaxy Anda sedang diretas Anda harus segera melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi semua data-data pribadi Anda. jangan sampai foto maupun dokumen-dokumen penting anda disebarkan ke publik. 

1. Carilah tanda-tanda bahwa hp Anda mungkin telah diretas

- Periksa iklan pop-up saat menggunakan aplikasi atau menjelajahi internet. Anda harus menghindari mengklik atau memilih iklan pop-up. Untuk menghilangkan iklan, Anda dapat menggunakanpemblokir iklandi aplikasi Samsung Internet, dan menghapus instalasi aplikasi pihak ketiga yang berisi iklan pop-up yang mengganggu.

- Periksa pesan yang tidak Anda kirim atau panggilan yang tidak Anda lakukan. Navigasikan ke aplikasi Telepon atau aplikasi Pesan untuk memeriksa panggilan keluar dan pesan terbaru Anda. 

BACA JUGA: Gak Bikin Kantong Kosong, Ini 5 Rekomendasi Hp Samsung Murah Terbaru 2023

- Periksa aplikasi yang tidak Anda kenali, seperti aplikasi mencurigakan yang tidak Anda unduh. Untuk menghapus aplikasi ini, sentuh dan tahan ikon aplikasi, lalu ketuk Copot pemasangan.

- Periksa penggunaan data yang tinggi dengan membuka Pengaturan, lalu mengetuk Koneksi. Ketuk Penggunaan data , lalu tinjau jumlah data yang tersedia saat ini.

- Periksa tanda-tanda baterai terkuras. Misalnya, baterai Anda mungkin cepat habis atau Anda mungkin perlu sering mengisi daya ponsel.

2. Hapus aplikasi yang tidak dikenal atau bermasalah dalam mode Aman

Jika Anda memiliki beberapa aplikasi di ponsel yang menyebabkan masalah, Anda dapat menentukan aplikasi mana yang harus dihapus menggunakan mode Aman. Dalam mode Aman, ponsel Anda tidak akan menjalankan aplikasi pihak ketiga apa pun. Saat dalam mode Aman, hapus instalasi aplikasi mencurigakan apa pun.

- Boot perangkat Anda ke dalam Mode aman.

- Buka Pengaturan, lalu ketuk Aplikasi .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: