Tak Disangka Memelihara Hewan Ternyata Bermanfaat Terhadap Kesehatan Kardiovaskular

Tak Disangka Memelihara Hewan Ternyata Bermanfaat Terhadap Kesehatan Kardiovaskular

Hewan peliharaan kucing-Instagram @kittycoinproject-

Pemilik hewan peliharaan, utamanya anjing, memiliki kemungkinan aktivitas fisik yang lebih tinggi, karena anjing dapat mendorong pemiliknya untuk berjalan bersama dan bermain di ruang terbuka. 

Aktivitas fisik yang cukup tentu sangat bermanfaat terhadap kesehatan, salah satunya bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Memperbaiki reaksi terhadap stres

Hewan peliharaan sudah diakui dapat menurunkan level stres para pemiliknya. Studi menunjukkan hanya dengan mengelus anjing dapat menurunkan kadar hormon kortisol, suatu hormon yang diproduksi dalam kondisi stres. 

Hormon ini apabila diproduksi berlebihan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan kardiovaskular, diantaranya dapat meningkatkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah, yang semuanya berperan dalam kejadian penyakit jantung.

Di beberapa studi di Amerika Serikat, ditemukan pula bahwa pemilik hewan peliharaan dapat lebih cepat pulih dari stress karena detak jantung dan tekanan darah lebih cepat kembali ke normal, dibanding dengan orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.  

5. Memperbaiki harapan hidup setelah serangan jantung

Selain membantu pencegahan kejadian penyakit kardiovaskular, memiliki hewan peliharaan juga dapat meningkatkan harapan hidup orang yang sudah pernah terkena penyakit jantung koroner.

Dari berbagai studi di luar negeri, terbukti bahwa hewan peliharaan dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular seseorang, baik mencegah kejadiannya maupun menurunkan angka kematiannya. 

Namun tentu pastikan sebelum mengadopsi hewan peliharaan apakah kita benar-benar mampu untuk memeliharanya. Seperti, memberi makan tepat waktu, membersihkan kotorannya, dan mengajak jalan-jalan.  Jangan sampai Anda memiliki hewan peliharaan malah menambah stres. (*)

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, 8 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otak Lebih Cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: