Tak Disangka Memelihara Hewan Ternyata Bermanfaat Terhadap Kesehatan Kardiovaskular

Tak Disangka Memelihara Hewan Ternyata Bermanfaat Terhadap Kesehatan Kardiovaskular

Hewan peliharaan kucing-Instagram @kittycoinproject-

INFORADAR.ID - Setiap orang memiliki cara untuk menikmati hidup kesehariannya. Salah satunya dengan menyalurkan melalui hobi atau aktivitas kesenangan.

Banyak hobi yang bisa dilakukan mulai dari hobi aktivitas berolahraga hingga hobi memelihara hewan kesukaan di rumah. Selain olahraga, hobi merawat atau memelihara hewan ternyata banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tingkahnya yang lucu pun menjadi alasan utama dalam mengadopsi hewan peliharaan. Karena dianggap memiliki banyak manfaat. Salah satunya dari segi pencegahan penyakit kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular (CVD) sendiri istilah dari serangkaian gangguan yang menyerang jantung dan pembuluh darah, termasuk penyakit jantung koroner (CHD), penyakit serebrovaskular, hipertensi (tekanan darah tinggi-red), dan penyakit vaskular perifer (PVD).

Dikutip laman resmi Kemenkes RI berikut adalah manfaat memelihara hewan untuk kesehatan kardiovaskular :

1. Menurunkan risiko tekanan darah tinggi

Menurut penelitian di Australia yang melibatkan 5.741 subjek menemukan, bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding dengan orang yang tidak memelihara hewan dengan profil sosioekonomi dan indeks massa tubuh yang sama. 

Hal ini menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan secara ilmiah terbukti dapat menjaga tekanan darah dan mencegah hipertensi.

2. Mengendalikan kadar kolesterol

Memiliki hewan peliharaan juga dapat bermanfaat dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Seperti diketahui, kolesterol total dan trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

BACA JUGA:Ini Pentingnya Scaling Gigi untuk Jaga Kesehatan Kamu

Dalam penelitian di Amerika Serikat pada tahun 2002, menemukan bahwa pemilik hewan peliharaan, terutama anjing, memiliki kadar kolesterol total dan trigliserida yang lebih rendah daripada yang tidak memiliki anjing. 

Hal ini berkaitan dengan kemungkinan kebiasaan baik para pemilik anjing yaitu banyak berjalan dan jarang merokok.

3. Meningkatkan aktivitas fisik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: