Negara yang Memiliki Jumlah Pemain eSport Paling Banyak di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Negara yang Memiliki Jumlah Pemain eSport Paling Banyak di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?

Ilustrasi eSport Player.-RDNE Project-pexels.com

INFORADAR.ID - Istilah eSport telah menjadi populer untuk menggambarkan kompetisi video game. Aktivitas ini telah berkembang pesat, terutama di kalangan anak muda.

Bahkan, eSport sudah menjadi cabang olahraga pada Asian Games 2023 yang berlangsung sejak 24 September - 2 Oktober 2023 lalu.

Pasar eSport global tercatat bernilai lebih dari US$1,38 miliar pada 2022 lalu dan diproyeksikan bakal tumbuh sebesar US$1,87 miliar pada tahun 2025 mendatang.

Menurut data Esports Earnings yang dihimpun oleh Statista, Amerika Serikat (AS) adalah negara eSport terkemuka di dunia dengan jumlah pemain kompetisi aktif lebih dari 3,7 ribu orang. 

BACA JUGA:Mengenal Badak Bercula Satu, Badak Ujung Kulon Pandeglang dengan Singkat dan Padat

eSport telah menjadi salah satu industri yang sedang naik daun saat ini. Kompetisi video game ini membuat para anak muda semakin tertarik untuk bergabung dan ikut serta dalam pertandingan-pertandingan yang diselenggarakan.

Bahkan Asian Games 2023 pun sudah memasukkan cabang olahraga eSport ke dalam daftarnya. Pasar globalnya pun semakin melonjak hingga US$1,38 miliar pada 2022 lalu dan diproyeksikan akan tumbuh hingga US$1,87 miliar pada 2025 mendatng. 

Negara dengan jumlah pemain kompetisi aktif tertinggi adalah Amerika Serikat (AS) dengan lebih dari 3,7 ribu orangnya.

Tahun 2022, jumlah pemain eSport aktif di seluruh dunia telah mencapai 8.000 orang. Di antara negara-negara teratas, Amerika Serikat menempati urutan pertama dengan jumlah pemain eSport aktif sebanyak 2.400 orang. 

BACA JUGA:Inilah Saran Nama Bayi yang Ada Unsur Cina dan Jawa, Lah Kocak

Tahun 2022, jumlah pemain eSport aktif di seluruh dunia telah mencapai 8.000 orang. Di antara negara-negara teratas, Amerika Serikat berada di puncak daftar dengan 2.400 pemain yang masih aktif dalam bermain game kompetitif ini.

Selanjutnya ada Tiongkok dan Brazil yang masing-masing memiliki 1.710 dan 1.380 pemain eSport aktif tahun 2022 lalu, sedangkan Indonesia berada di urutan kesebelas dengan 720 pemain saja yang masih bertahan hingga saat itu. 

Statista melaporkan bahwa jumlah penonton eSport di seluruh dunia sudah mencapai 532 juta orang tahun 2022 lalu dan diprediksi akan terus bertambah hingga lebih dari 640 juta penonton global pada tahun 2025 nanti. 

BACA JUGA:Mau Konten TikTok mu Jadi FYP? Lakukan Hal Ini Dijamin Viral

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: statista.com