Syarat Ajukan Pinjaman KUR BRI 2023 Lengkap, Jangan Ada yang Terlewat

Syarat Ajukan Pinjaman KUR BRI 2023 Lengkap, Jangan Ada yang Terlewat

Ilustrasi Pengusaha Mengunakan Pinjaman KUR BRI 2023--freepik/ sewupari-studio

INFORADAR.ID - Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI 2023 adalah program pembiayaan rakyat dari pemerintah melalui sistem perbankan.

Salah satu bank yang mengeluarkan KUR 2023 adalah BRI. Cara untuk mendapatkan pinjaman KUR 2023 dari BRI sangat mudah. Yaitu jika pemohon pinjaman memenuhi persyaratan.

Jika Anda berhasil mendapatkan pinjaman melalui KUR BRI 2023, maka dana tersebut dapat digunakan sebagai modal untuk memulai usaha Anda.

Atau,dana tersebut juga bisa digunakan untuk mengembangkan usaha yang sudah dirintis. Pendanaan di bawah program KUR BRI memang ditargetkan untuk UKM.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan mengendalikan inflasi. Dengan demikian, perekonomian nasional terus bertumbuh.

Nah, sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mendapatkan pinjaman KUR BRI 2023, Anda juga perlu mengetahui beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

BACA JUGA : Mungkin Ini Penyebab Pengajuan KUR BRI 2023 Anda Ditolak

Mari kita lihat persyaratan pengajuan KUR BIR 2023 untuk ketiga jenis pinjaman tersebut:

KUR Super Mikro

Syarat untuk mendapatkan pinjaman KUR BRI tidaklah sulit.

Di antaranya, pemohon belum pernah menerima program KUR, pinjaman, kredit investasi, atau modal kerja usaha (kecuali pinjaman ke perusahaan pembiayaan berbasis digital, seperti kredit konsumsi rumah tangga dan kredit korporasi).

Menariknya, tidak ada batasan usia organisasi, sehingga para pencari pinjaman bisa langsung mengajukan prosedur pinjaman KUR ini.

Satu-satunya dokumen yang dibutuhkan adalah surat keterangan usaha dari desa atau kelurahan setempat.

Plafon pinjaman yang diberikan adalah Rp 10 juta.

KUR Mikro

Program KUR BRI ini lebih maju dari jenis pertama dan merupakan program pembiayaan usaha dengan jumlah pinjaman maksimal (hingga Rp100 juta).

Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp 100 juta adalah tidak ada kredit investasi/pinjaman modal kerja (tidak termasuk kredit konsumsi rumah tangga, kredit korporasi, dan lain-lain serta pinjaman pembiayaan ke perusahaan pembiayaan berbasis digital). 

Kemudian, telah berjalan minimal enam bulan yang dibuktikan dengan surat keterangan usaha atau surat keterangan tempat usaha dari kelurahan, serta usaha harus sudah berjalan dalam kurun waktu tertentu atau telah memiliki NIB.

Dokumen lain yang mendukung pengajuan program ini adalah dokumen identitas seperti e-KTP, kartu keluarga, dan surat nikah.

Namun, NPWP diperlukan bagi peminjam yang memiliki pinjaman lebih dari N50 juta yang memilih program ini.

KUR Kecil

Seperti beberapa jenis KUR BRI sebelumnya, KUR BRI jenis ini memiliki kriteria umum bagi calon peminjam. 

Yakni, pemohon tidak boleh pernah menerima pinjaman investasi/modal kerja komersial (tidak termasuk pinjaman konsumsi rumah tangga, pinjaman skema, dan pinjaman pembiayaan ke perusahaan keuangan berbasis digital).

Pemohon dapat memperoleh pinjaman hingga R500 juta (maksimum) hanya dengan dokumen yang diperlukan seperti identitas diri (e-KTP/surat keterangan pembuatan e-KTP, CC, surat nikah), SIUP, NPWP, IUMK atau surat keterangan usaha lainnya, kepemilikan NPWP, keikutsertaan dalam program BPJS. 

Pinjaman dapat diperoleh dari Bank BRI.

Itulah penjelasan mengenai cara mendapatkan pinjaman dari Bank BRI.(*)

Artikel ini telah tayang di radarcirebon.disway.id dengan judul: Cara Dapat Pinjaman KUR BRI 2023 dengan Mudah, Bisa Buat Modal Mengembangkan Usaha

BACA JUGA : Tips Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023 Meski Memiliki Riwayat Pinjaman yang Tak Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: