Empat Bank BUMN penyaluran KUR yang Wajib Kamu Ketahui

Empat Bank BUMN penyaluran KUR yang Wajib Kamu Ketahui

Grafis: Laman FB Bank Indonesia -----

INFORADAR.ID - BUMN adalah kepanjangan dari Badan Usaha Milik Negara, lebih jelasnya BUMN adalah suatu perusahaan yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara.

Seperti yang diketahui bahwa fungsi BUMN sendiri sama seperti badan usaha yang lainnya yaitu mewujudkan kesejahteraan Masyarakat Indonesia.

Kehadiran BUMN di Inonesia sangat berpengaruh terhadap kondisi masyarakatnya. Oleh karena itulah maka tidak heran jika BUMN ini memiliki banyak sekali perusahaandi berbagai sektor industri.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Suku Bunga Kompetitif, Klik di Sini untuk Informasi Lebih Lanjut

Dibawah ini 4 Bank BUMN yang disediakan oleh pemerintah sebagai berikut:

1.      Bank BNI

BNI Kredit Usaha Rakyat (BNI KUR) merupakan fasilitas kredit dari Bank Negara Indonesia untuk digunakan sebagai tambahan modal usaha produktif dalam bentuk kredit modal kerja, nasabah juga dapat menggunakan fasilitas kredit ini sebagai kredit investasi.

Bank Mandiri

2.      Mandiri KUR adalah kredit/pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKM yang feasible tapi belum bankable. KUR bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan Bank kepada UMKM produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, serta menanggulangi kemiskinan.

3.      Bank BTN

Kredit modal kerja?Investasi yang diberikan oleh Bank BTN kepada bidang usaha yang menurut skalanya berstatus sebagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dibidang usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

4.      Bank BRI Syariah

Terkait dengan KUR skema syariah, mengingat dalam prinsip syariah tidak mengenal bunga dan tidak menggunakan istilah kredit, maka dalam Permenko Nomor 9 tahun 2016 ditambahkan istilah margin dan pembiayaan. Dalam Permenko Nomor 6 tahun 2019, dilakukan perluasan KUR Syariah dari sebelumnya hanya bisa menggunakan akad Murabahah, saat ini KUR Syariah dapat menggunakan akad syariah lainnya.

Penyalur KUR Syariah skema subsidi marjin yang aktif saat ini meliputi Bank Syariah Indonesia (BRISyariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri), Unit Usaha Syariah (UUS) BPD Riau Kepri, UUS BPD Jawa Tengah, UUS BPD Kalimantan Selatan, UUS BPD Sumsel Babel dan UUS BPD Sumatera Barat.

Demikianlah empat Bank BUMN yang perlu kamu ketahui dan kamu coba. (*)

BACA JUGA:Cara Bayar Angsuran KUR BRI 2023 Menggunakan BRI Link Mobile

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: