Bingung Mau Pinjam KUR BRI 2023, Kenali 3 Jenis Pinjaman KUR Ini

Bingung Mau Pinjam KUR BRI 2023, Kenali 3 Jenis Pinjaman KUR Ini

KUR BRI 2023--instagram @cicitvjambi

INFORADAR.ID - KUR BRI 2023 merupakan kredit modal kerja kepada debitur yang memiliki usaha yang layak dan produktif, dengan plafon kredit dan suku bunga yang rendah, yaitu sebesar 6% per tahun atau setara suku bunga flat. 

KUR BRI 2023 menawarkan tiga jenis layanan kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan peminjam dan debitur. Ada tiga jenis KUR yang ditawarkan pemerintah kepada masyarakat. KUR Mikro, Kecil dan TKI.

Setiap jenis KUR yang ditawarkan memiliki plafon kredit yang berbeda dan syarat pengajuannya pun berbeda-beda sesuai dengan plafon yang ditawarkan. Berikut ini adalah ketiga jenis pinjaman KUR BRI 2023 yang disesuaikan dengan batas kebutuhan

1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan jenis kredit usaha rakyat berskala mikro dengan plafon kredit sebesar Rp25 juta, yang dapat bervariasi tergantung kebijakan bank penyalur.

Modal diberikan kepada usaha kecil yang dinilai produktif dan memiliki prospek keuntungan yang baik. Bank pemberi pinjaman harus mempertimbangkan kemampuan peminjam untuk memenuhi tanggung jawabnya; ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh peminjam atau debitur sebelum mengajukan permohonan program KUR.

Syarat-syarat tersebut antara lain peminjam serius menjalankan usaha, khususnya peminjam telah mengikuti pelatihan kewirausahaan selama tiga bulan terakhir yang dibuktikan dengan sertifikat, dan usaha yang dijalankan tergolong usaha produktif.

BACA JUGA : Brosur KUR BRI 2023 Bulan September Terbaru Lengkap Dengan Simulasi Cicilan Hingga Rp500 Juta

2. KUR Kecil

KUR Kecil adalah KUR BRI yang diperuntukkan bagi pengusaha menengah yang dapat mengangsur kredit dengan suku bunga tetap atau anuitas yang setara dengan suku bunga tetap, dengan plafond maksimal sebesar Rp500 juta. Selain batas maksimum, KUR ini cenderung memiliki jangka waktu pelunasan yang lebih panjang. Kredit modal kerja memiliki jangka waktu empat tahun, sedangkan kredit investasi memiliki jangka waktu lima tahun.

Dari segi persyaratan, pengajuan KUR ini dan KUR mikro relatif sama. Selain itu, pinjaman KUR mikro memiliki dua periode pembayaran: tiga tahun untuk kredit modal kerja dan lima tahun untuk kredit modal investasi. Kelompok sasaran KUR ini tampaknya adalah siapa saja yang membutuhkan modal awal, termasuk pengusaha dan juga TKI.

3. KUR TKI

KUR TKI adalah bantuan dana untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri namun tidak memiliki modal awal. Maksimal pinjaman untuk jenis KUR ini adalah Rp 25 juta.

Jangka waktu pengembaliannya hingga tiga tahun setelah dana cair. Dengan adanya pinjaman jenis ini, Anda yang ingin bekerja di luar negeri tidak perlu khawatir tidak memiliki dana awal, karena dokumen yang diperlukan untuk mengajukan KUR TKI adalah KTP, KK, surat keterangan domisili, dan surat keterangan sehat dari dokter. Jangan lupa untuk melampirkan surat perjanjian kontrak kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: