CPNS 2023 BKKBN Buka Formasi PLKB Untuk Lulusan SMA, Simak Tugas dan Perannya

CPNS 2023 BKKBN Buka Formasi PLKB Untuk Lulusan SMA, Simak Tugas dan Perannya

ilustrasi penyuluh KB-BKKBN-

INFORADAR.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada tahun 2023 ini membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2023 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk lulusan SMA sederajat.

Formasi yang dibuka yakni berjumlah 2.044 formasi. Adapun pendaftarannya sudah dibuka sejak Rabu 20 Oktober 2023. Namun, jangan khawatir, pembukaan lowongan CPNS 2023 ini dibuka sampai dengan tanggal 9 Oktober 2023.

Para lulusan SMA hingga Sarjana S1 pun bisa mendaftarkan diri pada lowongan CPNS 2023 sesuai dengan klasifikasi dan kiteria pada formasi yang dibuka.

Adapun formasi yang dibuka untuk klasifikasi lulusan SMA sederat yakni formasi Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) pemula. Bagi anda yang hanya mempunyai ijasah SMA bisa mendaftarkan diri pada formasi ini.

Tapi sebelum mendaftar, alangkah baik nya anda harus mengetahui apa itu PLKB dan tugasnya. Berikut adalah informasi mengenai tugas dari PLKB.

PLKB pemula memiliki beberapa tugas penting dalam mendukung program keluarga berencana dan kesehatan reproduksi. Berikut adalah beberapa tugas yang biasanya diemban oleh PLKB pemula:

BACA JUGA:Simak Formasi CPNS BKKBN 2023 yang Bisa Dilamar Lulusan SMA

1. Penyuluhan dan Edukasi: 

PLKB pemula bertugas untuk memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan perencanaan keluarga, kesehatan reproduksi, dan manfaat penggunaan alat kontrasepsi. Mereka harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk memberikan informasi yang akurat kepada individu dan keluarga.

2. Distribusi Alat Kontrasepsi:

PLKB pemula dapat bertanggung jawab dalam mendistribusikan alat kontrasepsi kepada individu yang memerlukan, serta memberikan informasi tentang cara penggunaannya.

3. Konseling Kesehatan Reproduksi:

PLKB dapat memberikan konseling kesehatan reproduksi kepada individu dan pasangan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kesehatan reproduksi mereka, termasuk pemahaman tentang siklus menstruasi, kesuburan, dan gangguan kesehatan reproduksi.

4. Pemantauan Kesehatan Ibu dan Anak:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: