Ingin Buat Cafe Tapi Gak Punya Modal? Jangan Khawatir, Ada KUR BRI 2023

Ingin Buat Cafe Tapi Gak Punya Modal? Jangan Khawatir, Ada KUR BRI 2023

Pemilik Cafe--freepik/ bannafarsai

INFORADAR.ID - KUR BRI 2023 adalah pinjaman modal kerja berbunga rendah kepada peminjam yang bergerak di bidang usaha produktif dengan suku bunga tetap sebesar 6% per tahun.

Layanan KUR secara resmi diluncurkan pada tahun 2007 dan pinjaman KUR dibiayai dari dana bank dan lembaga keuangan yang bertindak sebagai agen penyalur KUR, salah satunya KUR BRI 2023.

BRI menerima alokasi sebesar Rp 270 triliun untuk penyaluran KUR tahun ini. Masyarakat sendiri juga memiliki akses ke fasilitas KUR BRI 2023.

Fasilitas ini menargetkan pengusaha perorangan dengan pinjaman modal dan investasi, program-program yang menawarkan pinjaman hingga Rp 500 juta, suku bunga rendah melalui subsidi pemerintah dan tidak ada biaya administrasi.

Terdapat 3 jenis KUR BRI 2023, yaitu : 

KUR Mikro

KUR Mikro adalah jenis kredit yang diperuntukkan bagi pengusaha kecil berskala mikro dengan jumlah pinjaman maksimal Rp. 25 juta. Jumlah ini dapat bervariasi sesuai dengan kebijakan bank pemberi pinjaman.

BACA JUGA: KUR BRI 2023 Tanpa Agunan Cair dalam 3 Hari, Cukup KTP dan KK Syaratnya

Modal dipinjamkan kepada usaha kecil yang dinilai produktif dan memiliki potensi keuntungan. Bank pemberi pinjaman harus mempertimbangkan kemampuan peminjam untuk memenuhi kewajibannya.

KUR Kecil

KUR Kecil adalah KUR BRI yang ditujukan bagi pengusaha menengah yang dapat membayar angsuran dengan bunga tetap atau bunga tahunan yang setara. 

Batas maksimum pinjaman KUR adalah Rp. 500 juta. Selain batas maksimum, KUR ini cenderung memiliki jangka waktu pengembalian yang lebih panjang. 

KUR TKI

KUR TKI merupakan bantuan dana bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri namun tidak memiliki modal awal. Maksimal pinjaman KUR ini adalah Rp. 25 juta.

Demikian penjelasan tentang KUR BRI 2023 dan cara mendaftarnya.(*)

BACA JUGA: Pinjam KUR BRI 2023 Rp30 Juta Tanpa Jaminan, Angsurannya Hanya Rp500 Ribuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber