Untuk Modal Usaha, Mending KUR BNI atau KUR BRI 2023? Simak Perbedaannya

Untuk Modal Usaha, Mending KUR BNI atau KUR BRI 2023? Simak Perbedaannya

Ilustrasi penjelasan soal keuangan-iStock-

INFORADAR.ID - Berikut adalah informasi seputar kredit usaha rakyat (KUR) di Bank Nasional Indonesia (BNI) atau KUR BNI dan KUR BRI 2023 yang cocok digunakan untuk tambahan modal usaha. 

Baik Bank BNI maupun Bank BRI mempunyai program yang sama dalam membantu pengembangan sektor UMKM di Indonesia, salah satunya yakni dengan meluncurkan program KUR BNI dan KUR BRI 2023.

Untuk diketahui, KUR adalah program kredit yang disediakan oleh bank-bank di Indonesia untuk mendukung usaha kecil dan mikro. Program KUR bertujuan untuk membantu pengusaha kecil dan mikro yang seringkali kesulitan mendapatkan akses ke pembiayaan. KUR biasanya memiliki suku bunga yang lebih rendah dan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan dengan kredit bisnis lainnya.

Program KUR mencakup berbagai jenis usaha, seperti pertanian, perdagangan, jasa, dan sektor-sektor lainnya. Pemerintah Indonesia biasanya mensubsidi sebagian bunga dari pinjaman KUR untuk membuatnya lebih terjangkau bagi para peminjam.

Ini adalah salah satu cara pemerintah mendukung pertumbuhan usaha kecil dan mikro di negara tersebut. Jika Anda memiliki usaha kecil dan membutuhkan pembiayaan, Anda dapat menghubungi bank-bank terkait atau lembaga keuangan yang berpartisipasi dalam program KUR untuk memeriksa apakah Anda memenuhi syarat dan apa yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman KUR.

Bank BNI memiliki  dua jenis yakni KUR Super Mikro dan KUR Mikro. KUR ini diperuntukan untuk perorangan ataupun badan usaha juga Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Sedangkan Bank BRI miliki tiga jenis KUR yakni KUR Mikro, KUR Kecil, dan ada juga KUR Khusus Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

BACA JUGA:Bingung Cara Mengajukan KUR Untuk Usaha Ternak Ayam? Begini Caranya

Pertama kita akan bahas jenis KUR BNI,  KUR Super Mikro menawarkan pinjaman maksimal hingga Rp10 juta, sedangkan KUR Mikro menawarkan pinjaman mulai dari Rp10 juta hingga maksimal Rp50 juta.

Kedua KUR ini menawarkan suka bunga hanya 6 persen dengan jangka waktu 3 sampai 5 tahun. Nasabah yang ingin mengajukan KUR tidak perlu menyiapkan agunan tambahan. 

Sementara, Bank BRI menawarkan tiga jenis KUR mulai dari KUR Mickro BRI yang mana KUR ini dapat meminjam dana sebesar Rp10 juta hingga Rp50 juta.

KUR  Kecil, nasabah bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp50 juta,  dengan pinjaman maksimal Rp 500 juta. Dan KUR TKI, yang mana setiap nasabah bisa mengajukan pinjaman maksimal hingga Rp25 juta.

Tepat, jika kita simak terdapat perbedaan dari KUR yang ditawarkan kedua bank milik negara ini. KUR BNI hanya menawarkan pinjaman maksimal hingga Rp50 juta saja, sedangkan BRI bisa meminjamkan dana untuk usaha atau investasi hingga maksimal Rp500 juta.

Lalu, KUR manakah yang paling pas dari kedua KUR itu? Kedua KUR itu sama-sama bagus untuk digunakan untuk modal usaha karena menawarkan suku bunga rendah cuma 6 persenan saja, bahkan nasabah bisa mengajukan modal usaha tanpa perlu menyiapkan agunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: