Kembangkan Usaha dengan KUR BRI 2023, Gimana Sih Caranya?

Kembangkan Usaha dengan KUR BRI 2023, Gimana Sih Caranya?

Ilustrasi Pedagang Kecil--freepik/ odua

INFORADAR.ID - Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pemerintah untuk memberdayakan UMKM.

Program ini bekerja sama dengan lembaga keuangan, salah satunya adalah Bank BRI yang berperan dalam pengembangan UKM melalui program KUR.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI merupakan bank penyalur KUR terbesar di Indonesia dan mulai menyalurkan KUR pada tahun 2023.

BRI mendapatkan alokasi sebesar Rp 270 triliun pada penyaluran KUR 2023. 

KUR BRI 2023 adalah pinjaman modal kerja berbunga rendah dengan suku bunga tetap sebesar 6 persen per tahun untuk peminjam yang memiliki usaha yang layak dan produktif.

BACA JUGA : Kenapa Pelaku UMKM Harus Memilih KUR BRI 2023? Ini Lima Kemudahan yang Diberikan

Program KUR BRI 2023 memiliki fungsi untuk memperkuat kapasitas pembiayaan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan penguatan UMKM.

Dana diberikan dalam bentuk modal kerja dan modal investasi dalam bentuk kredit KUR BRI 2023 kepada peserta UMKM perorangan dan kelompok usaha yang memiliki kegiatan produktif dan layak namun tanpa agunan tambahan.

Saat ini, usaha-usaha tersebut tidak mengambil pinjaman dari bank kecuali untuk kredit konsumtif seperti KPR, KKB dan kartu kredit.

Tentu saja, usaha-usaha ini harus sudah aktif beroperasi setidaknya selama enam bulan. Mereka juga harus memiliki izin usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) atau izin usaha lain yang dianggap setara.

Ini adalah pinjaman modal dan investasi dan program untuk pengusaha perorangan, memberikan pinjaman hingga 500 juta, suku bunga rendah melalui subsidi pemerintah dan tidak ada biaya administrasi.

Ada tiga jenis KUR BRI 2023, yaiutu KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI. 

KUR Mikro adalah jenis pinjaman untuk usaha mikro dengan jumlah pinjaman maksimal Rp 25 juta.

KUR Kecil adalah KUR BRI yang diperuntukkan bagi pengusaha menengah dengan suku bunga dan pembayaran angsuran tetap atau setara.Batas maksimum pinjaman KUR ini adalah Rp 500 juta.

KUR TKI adalah bantuan dana untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri namun tidak memiliki dana awal. Jumlah pinjaman maksimal yang dapat diberikan dalam program KUR ini adalah Rp 25 juta.(*)

BACA JUGA : KUR BRI 2023, Limit Pinjaman Sektor 4P Hingga Rp400 Juta, Begini Syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber