KUR BRI 2023, Pinjaman Favorit Para Pelaku Usaha

KUR BRI 2023, Pinjaman Favorit Para Pelaku Usaha

Bank BRI--youtube/ BANK BRI

INFORADAR.ID - Bank Rakyat Indonesia atau biasa disebut BRI dikenal sebagai salah satu bank yang memberikan KUR BRI 2023 kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui model pembiayaan yang bertujuan untuk meningkatkan akses UMKM terhadap pembiayaan.

Program KUR BRI 2023 memiliki fungsi untuk memperkuat kapasitas pembiayaan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Dana disediakan dalam bentuk modal kerja dan modal investasi dan diberikan dalam bentuk kredit KUR BRI 2023 kepada pelaku UMKM perorangan dan kelompok usaha yang memiliki kegiatan produktif dan layak namun tanpa agunan tambahan.

Usaha-usaha ini tidak sedang meminjam dari bank, kecuali untuk kredit konsumsi seperti KPR, KKB dan kartu kredit.

Tentu saja, perusahaan-perusahaan ini harus sudah aktif beroperasi setidaknya selama enam bulan. Mereka juga harus memiliki izin usaha mikro dan kecil (IUMK) atau izin usaha lain yang dianggap setara.

KUR BRI merupakan kredit modal kerja berbunga rendah dengan suku bunga tetap sebesar 6 persen per tahun untuk peminjam yang memiliki usaha yang layak dan produktif.

Namun, suku bunga akan lebih tinggi jika peminjam mengambil lebih dari satu pinjaman KUR.

Untuk pinjaman KUR kedua, suku bunga meningkat menjadi 7%; untuk peminjam ketiga, suku bunga meningkat menjadi 8% dan kemudian menjadi 9%.

Layanan KUR secara resmi diluncurkan pada tanggal 5 November 2007 dan pinjaman KUR akan dibiayai oleh bank-bank dan lembaga-lembaga keuangan yang menjadi perantara dalam penjualan KUR.

BRI menerima alokasi sebesar Rp 270 triliun untuk penyaluran KUR tahun ini.

Masyarakat lokal sendiri juga memiliki akses terhadap fasilitas KUR.

Fasilitas-fasilitas ini adalah pinjaman modal dan investasi dan program untuk pengusaha perorangan, dengan pinjaman hingga RUR 500 juta, suku bunga rendah melalui subsidi pemerintah dan tidak ada biaya administrasi.

BACA JUGA : KUR BRI Online, Solusi Mudah Cari Modal Usaha

Terdapat 3 jenis KUR BRI 2023, yaitu : 

KUR Mikro

KUR Mikro adalah jenis kredit yang diperuntukkan bagi pengusaha kecil berskala mikro dengan jumlah pinjaman maksimal Rp. 25 juta. 

Jumlah ini dapat bervariasi sesuai dengan kebijakan bank pemberi pinjaman.

Modal dipinjamkan kepada usaha kecil yang dinilai produktif dan memiliki potensi keuntungan. Bank pemberi pinjaman harus mempertimbangkan kemampuan peminjam untuk memenuhi kewajibannya.

KUR Kecil

KUR Kecil adalah KUR BRI yang ditujukan bagi pengusaha menengah yang dapat membayar angsuran dengan bunga tetap atau bunga tahunan yang setara. 

Batas maksimum pinjaman KUR adalah Rp. 500 juta. Selain batas maksimum, KUR ini cenderung memiliki jangka waktu pengembalian yang lebih panjang. 

KUR TKI

KUR TKI merupakan bantuan dana bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri namun tidak memiliki modal awal. 

Maksimal pinjaman KUR ini adalah Rp. 25 juta.

Demikian penjelasan tentang KUR BRI 2023 dan cara mendaftarnya.

Untuk informasi lengkapnya terkait KUR BRI 2023 dapat mengunjungi website resmi BRI di sini.(*)

BACA JUGA : Rincian Syarat, Ketentuan, Jenis, Besaran Bunga dan Batas Nominal Peminjaman KUR BRI Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber