Puluhan Rumah di Ibu Kota Pandeglang Tak Layak Huni

Puluhan Rumah di Ibu Kota Pandeglang Tak Layak Huni

Salah satu rumah yang tidak layak huni di Kelurahan Babakan Kalanganyar, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang.--

PANDEGLANG, INFORADAR.ID –  Kecamatan Pandeglang sebagai ibu kota Kabupaten Pandeglang masih ada kawasan kumuh dan rumah yang tak layak huni.  Lokasinya berada di Kelurahan Babakan Kalanganyar.

Warga Kampung Pabuaran di Kelurahan Babakan Kalanganyar merasa diabaikan oleh Pemkab Pandeglang. Mereka menyampaikan keluhan tentang jalan rusak dan kendala akses kesehatan karena tidak memiliki BPJS Kesehatan.

Abah Holib, tokoh masyarakat, mengungkapkan, kondisi tempat tinggal mereka sangat memprihatinkan dan tak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan.

"Kami emang warga yang kurang mampu, selain kondisi jalan rusak yang tidak pernah tersentuh pembangunan, juga banyak masyarakat yang tidak mampu. Masih banyak warga berobat masih bayar meskipun ke puskesmas karena tidak punya BPJS kesehatan," ungkap Abah Holib, Sabtu,  9 September 2023.

Halim, warga lainnya, juga menyampaikan kesulitan memperoleh air bersih, terutama saat kemarau. Warga terpaksa membeli air bersih untuk kebutuhan memasak.

"Yah air di sini menggunakan air sumur. Saat kemarau air tidak ada. Kami berharap ada bantuan sanitasi dan sumur bor," katanya.

Lurah Babakan Kalanganyar Ifan Timi mengaku telah mengusulkan penyelesaian masalah ini dengan mengajukan 28 rumah dalam program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) kepada Pemkab Pandeglang. 

"Sudah saya ajukan sebanyak 28 rumah ke Dinas Perkim dan sudah koordinasi dengan pihak terkait," ujarnya singkat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: