Apa itu TikTok dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu TikTok dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui

Aplikasi Tiktok--freepik @vectonauta

INFORADAR.ID - TikTok telah mengambil alih dunia - aplikasi khusus untuk remaja kini telah menjadi salah satu platform berbagi konten terkemuka di dunia, meluncurkan karier dan tren viral.

Aplikasi TikTok ini menjadi sangat mustahil untuk diabaikan, namun jika Anda tidak yakin apa sebenarnya aplikasi tersebut, kami punya beberapa penjelasan untuk Anda.

TikTok adalah aplikasi sosial yang digunakan untuk membuat dan berbagi video.

Pada awalnya, video cenderung fokus pada musik, dengan pembuat konten memanfaatkan efek suara, cuplikan musik, dan filter yang luas dari aplikasi untuk merekam klip pendek dari video yang sedang menari dan sinkronisasi bibir.

Namun sekarang, banyak hal telah berkembang dan ada banyak sekali video yang dapat ditemukan, dengan berbagai topik. Ada video DIY dan kerajinan tangan, sketsa komedi, dan masih banyak lagi. 

Jika TikTok terdengar familiar, itu karena ada aplikasi serupa yang hadir sebelumnya, seperti Vine dan Dubsmash.

TikTok awalnya adalah Musical.ly, yang diluncurkan oleh pengusaha Tiongkok Alex Zhu dan Luyu Yang pada tahun 2014. ByteDance mengakuisisi Musical.ly pada tahun 2017, dan setahun kemudian, mereka menggabungkan fungsi inti layanan dan basis pengguna ke dalam TikTok miliknya sendiri. 

Pada tahun 2020, TikTok telah melampaui Facebook, Instagram, YouTube, dan Snapchat dalam jumlah pemasangan bulanan.

TikTok memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, 63 persen di antaranya berusia antara 10 dan 29 tahun. 

Jumlah pengguna TikTok juga melebihi jumlah pria dengan perbandingan dua banding satu. Berkat popularitas TikTok, ByteDance kini dianggap sebagai salah satu startup paling bernilai di dunia.

BACA JUGA : 10 Akun TikTok dengan Followers Terbanyak di Dunia 2023

Lalu Bagaimana cara kerja TikTok?

Fungsi dasar TikTok adalah pengguna dapat merekam video diri mereka sendiri dengan melakukan sinkronisasi bibir, menari, atau memerankan sketsa. Video bisa berdurasi hingga 15 detik, tetapi juga dapat menghubungkan beberapa klip dengan total rekaman hingga 60 detik. 

Baru-baru ini, TikTok menambah batas waktu menjadi 10 menit untuk sebagian besar pengguna. Pengguna juga dapat mengunggah video berdurasi lebih panjang yang direkam di luar aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: