Apa itu KUR Bank BRI? Berikut Ini Penjelasan Lengkap Serta Jenis Pelayanannya

Apa itu KUR Bank BRI? Berikut Ini Penjelasan Lengkap Serta Jenis Pelayanannya

KUR Bank BRI--instagram/ @bankbri_id

INFORADAR.ID - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. dikenal sebagai salah satu bank yang menawarkan Kredit Usaha Rakyat atau KUR Bank BRI kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan pola pinjaman yang bertujuan untuk meningkatkan akses pembiayaan bagi UMKM.

Program KUR Bank BRI memiliki fungsi untuk memperkuat kapasitas pembiayaan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan penguatan UMKM.

Dana yang diberikan dalam bentuk modal kerja dan investasi, lalu diberikan kepada pelaku UMKM perorangan atau kelompok usaha yang memiliki usaha yang produktif dan layak namun tanpa agunan tambahan pada peminjaman KUR Bank BRI.

Usaha-usaha ini tidak sedang meminjam dari bank, kecuali untuk kredit konsumsi seperti KPR, KKB dan kartu kredit. 

Tentu saja, mereka harus sudah aktif menjalankan usahanya selama minimal enam bulan. Mereka harus memiliki izin usaha mikro dan kecil (IUMK) atau izin usaha lain yang dianggap setara.

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai KUR Bank BRI :

KUR BRI adalah pinjaman modal kerja berbunga rendah kepada peminjam dengan usaha yang layak dan produktif, dengan suku bunga tetap 6% per tahun. 

Namun, suku bunga yang dikenakan akan lebih tinggi jika nasabah meminjam lebih dari satu pinjaman KUR. 

Untuk pinjaman KUR kedua, suku bunga meningkat menjadi 7%. Untuk pinjaman ketiga, suku bunga naik menjadi 8% dan kemudian menjadi 9%.

Layanan KUR secara resmi diluncurkan pada tanggal 5 November 2007 dimana pembiayaan KUR berasal dari dana bank dan lembaga keuangan yang menjadi perantara pemasaran KUR. 

BRI mendapatkan alokasi sebesar Rp. 270 triliun untuk penyaluran KUR pada tahun ini.

Masyarakat sendiri mendapatkan fasilitas KUR yang tersedia bagi mereka. 

Fasilitas tersebut adalah kredit modal dan investasi, program yang ditargetkan untuk pengusaha perorangan yang memberikan pinjaman hingga Rp 500 juta, suku bunga rendah dari subsidi pemerintah, dan tidak ada biaya administrasi.

BACA JUGA : KUR BRI Online, Solusi Mudah Cari Modal Usaha

Bank BRI juga menawarkan tiga jenis layanan kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan peminjam dan kreditur. Ada tiga jenis KUR yang ditawarkan pemerintah kepada masyarakat, yaitu KUR Mikro, Kecil dan TKI.

KUR Mikro

KUR Mikro adalah jenis kredit yang diperuntukkan bagi pengusaha kecil berskala mikro dengan jumlah pinjaman maksimal Rp. 25 juta. 

Jumlah ini dapat bervariasi sesuai dengan kebijakan bank pemberi pinjaman.

Modal dipinjamkan kepada usaha kecil yang dinilai produktif dan memiliki potensi keuntungan. Bank pemberi pinjaman harus mempertimbangkan kemampuan peminjam untuk memenuhi kewajibannya.

KUR Kecil

KUR Kecil adalah KUR BRI yang ditujukan bagi pengusaha menengah yang dapat membayar angsuran dengan bunga tetap atau bunga tahunan yang setara. 

Batas maksimum pinjaman KUR adalah Rp. 500 juta. Selain batas maksimum, KUR ini cenderung memiliki jangka waktu pengembalian yang lebih panjang. 

KUR TKI

KUR TKI merupakan bantuan dana bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri namun tidak memiliki modal awal. 

Maksimal pinjaman KUR ini adalah Rp. 25 juta.

Itulah penjelasan lengkap mengenai KUR pada Bank BRI. Semoga informasi ini dapat membantu kamu ya!.(*)

BACA JUGA : Rincian Syarat, Ketentuan, Jenis, Besaran Bunga dan Batas Nominal Peminjaman KUR BRI Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber